About the Journal

Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, [e-ISSN: 3090-7012  & p-ISSN: 3090-6822] adalah jurnal peer review yang diterbitkan oleh Indo publishing. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia sebagai media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait temuan-temuan penting penelitian baru tentang kependidikan dan kepengajaran, antara lain: bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, pendidikan dalam lingkup Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Agama, dan lain sebagainya yang serumpun 

Current Issue

Vol. 1 No. 2 (2025): JULI-DESEMBER
					View Vol. 1 No. 2 (2025): JULI-DESEMBER
Published: 2025-07-01

Articles

  • Pentingnya Pendidikan Gender dan Pencegahan KDRT di Sekolah

    Aria Raizal Muhammad, Bila Syagitha Aprilia, Marissa Fatima (Author)
    203-210
    DOI: https://doi.org/10.63822/w3q23p97
  • Transformasi Pembelajaran Melalui Augmented Reality (AR) Dan Virtual Reality (VR): Inovasi Kurikulum yang Responsif Terhadap Era Digital

    Moch Rizwan Aprilianto, Mutiara Rahmawati (Author)
    211-219
    DOI: https://doi.org/10.63822/2bbh6n23
  • Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

    Maisura, Eka Agustina (Author)
    220-225
    DOI: https://doi.org/10.63822/j9w9c110
  • Productive Waqf Accounting:  A Systematic Literature Review of Financial Recording and Reporting Models

    Wali Saputra (Author)
    226-241
    DOI: https://doi.org/10.63822/j8avxz44
  • Studi Tinjauan Pustaka: Strategi dan Tantangan Pemanfaatan AI Generatif dalam Penulisan Akademik Mahasiswa

    Hannifa Rojwa Thalib, Agus Salim Mansyur (Author)
    242-248
    DOI: https://doi.org/10.63822/6jd82a61
  • Konsep Dasar Manajemen Mutu dalam Perspektif Pendidikan Islam: Integrasi Nilai Spiritual dan Profesionalisme

    Moch Rizwan Aprilianto, Mutiara Rahmawati (Author)
    249-257
    DOI: https://doi.org/10.63822/8k9de429
  • Strategi dan Tantangan Manajemen Pendidikan Tinggi: Systematic Literature Review Menggunakan Metode PRISMA

    Nur Rizkiyah (Author)
    194-202
    DOI: https://doi.org/10.63822/f1xzej69
  • Kualitas Guru dan Sumber Belajar: Pengaruhnya Terhadap Prestasi Siswa dan Motivasi Berprestasi dalam Pendidikan Agama Kristen

    Endi Tanaem, Hendrik A. E. Lao (Author)
    281-292
    DOI: https://doi.org/10.63822/mcz71155
  • Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  Siswa pada Pembelajaran Matematika

    Yuli Trisna Lahagu, Yertitin Giawa, Kensil Eksikel Gulo (Author)
    293-300
    DOI: https://doi.org/10.63822/b4tmk215
  • Studi Fenomenologis tentang Proses Pemahaman Konsep Limit pada Mahasiswa Calon Guru Matematika

    Tuty Kurniawaty Saragih (Author)
    301-308
    DOI: https://doi.org/10.63822/kef8gd33
  • Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Atas

    Barbara Green Winslet Bessie, Claudina Margarida Freitas Belo, Salomi Poko, Hemi Damnosel Bara Pa (Author)
    309-320
    DOI: https://doi.org/10.63822/cfyzt016
  • Pengaruh Efektivitas Program BSI Scholarship Inspirasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Awardee di Jakarta

    Syifa Nur Aqilah, Siti Fatimah Zahra, Herlitah (Author)
    321-335
    DOI: https://doi.org/10.63822/sn3tqd72
  • Peran Evaluasi Formatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital

    Neti Saekoko, Saniria Benu, Ivony Welchristin Adelis Oematan, Hemi Damnosel Bara Pa (Author)
    336-350
    DOI: https://doi.org/10.63822/8t7k4h35
  • Mengurutkan Benda Berdasarkan Keserasian Ukuran dan Warna

    Arnita Fitri, Aisyah Oktavia Siregar, Adela Anita (Author)
    351-357
    DOI: https://doi.org/10.63822/abc4ya57
  • Analisis Keterlibatan Praktisi Mengajar dalam Pelaksanaan Program Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Menggambar Teknik

    Muslimatul Mufida, FX Hevie Dwi Novianto (Author)
    358-363
    DOI: https://doi.org/10.63822/5gk1k238
  • Relevansi Kalimat Efektif dalam Era Digital yang Penuh Informasi

    Dwi Vetriza Wulandari, Gatti Arum Sekarani, Ira Yuniati, Washlurachim Safitri (Author)
    364-371
    DOI: https://doi.org/10.63822/vc9rj055
  • Ragam Bahasa Indonesia

    Deah Amanda Putri, Ayu Antika, Ira Yuniati (Author)
    372-387
    DOI: https://doi.org/10.63822/et9thh28
  • Penerapan Project Based Learning Sebagai Upaya dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 16 Bekasi Tahun Ajaran 2025/2026

    Siti Rohimah, Agus Wibowo, Aditya Pratama (Author)
    388-399
    DOI: https://doi.org/10.63822/66jk8n96
  • Pengaruh Pemahaman PUEBI terhadap Ketepatan Penulisan Ejaan dalam Karya Ilmiah Mahasiswa

    Retno Ramadhani, Yosi Dwi Putri, Siti Musarofah, Monica Puspa Sota, Nadia Ramadani Lubis, Ibrahimovic Sisra, Ira Yuniati (Author)
    400-408
    DOI: https://doi.org/10.63822/h7k8zq57
  • Membangun Efektivitas Pembelajaran Digital di Pendidikan Jasmani melalui Pendekatan UTAUT

    Insan Nuhari, Mahlil Fajri, Fithri Angelia Permana (Author)
    409-419
    DOI: https://doi.org/10.63822/4dyx7p49
  • Pengembangan Media Video Tutorial Struktur Rangka Atap pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Bangunan

    Riyan Arthur, R. Eka Murtinugraha, Kevin Pramudya Anggara Putra (Author)
    420-423
    DOI: https://doi.org/10.63822/2zmzrt18
  • Integrasi Pendidikan Perdamaian dalam Sistem Pendidikan Formal: Tantangan, Dinamika Konflik Global, dan Urgensi Membangun Toleransi serta Kohesi Sosial

    Syaifudin Zuhri, Masnunah, Sutomo (Author)
    424-437
    DOI: https://doi.org/10.63822/87fxmx42
  • Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan  Model Contextual Teaching and Learning pada  Materi Keragaman Budaya Indonesia  di Kelas IV UPTD SD Negeri 1   Peusangan Selatan

    Merdu Mahbengi, Yulia Santi, Maisura (Author)
    438-447
    DOI: https://doi.org/10.63822/aj30ge67
  • Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank KBMI 4 di Indonesia: Studi Kasus Menggunakan Pendekatan Common Size dengan Modal Inti Lebih dari Tujuh Puluh Triliun Rupiah

    Jessi Tobing (Author)
    448-456
    DOI: https://doi.org/10.63822/ptg9pa33
View All Issues