Optimalisasi Tiga Kanal Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM: Studi Kolaboratif Bumbu Wilona

Authors

  • Deva Mutiara Adzizah Universitas Airlangga Author
  • Nadia Miftakhul Ilmi Universitas Airlangga Author
  • Radhi Astri Akila Putri Universitas Airlangga Author
  • Gita Ayu Puspitarini Universitas Airlangga Author
  • Annisa Firdaus Universitas Airlangga Author
  • Ghytsaselda Ammadea Rosyadi Universitas Airlangga Author
  • Rania Aunillah Fasya Universitas Airlangga Author
  • Nimas Ayu Larasati Universitas Airlangga Author
  • Tri Siwi Agustina Universitas Airlangga Author
  • Elsa Yustika Putri Universitas Airlangga Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/725thd20

Keywords:

Bumbu Wilona, Live TikTok, Pemasaran Digital, Shopee Affiliate, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perekonomian di Indonesia. Besarnya peran UMKM menjadikan pendampingan sebagai langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Kelompok kami melakukan pendampingan terhadap UMKM Bumbu Wilona yang berlokasi di Kecamatan Jambangan, Surabaya, sebagai bagian dari implementasi mata kuliah Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Permasalahan utama dalam pendampingan ini terletak pada aspek pemasaran yang belum optimal, seperti konten yang tidak konsisten, kendala pelaksanaan live shopping, serta belum adanya partisipasi dalam bazar dan pameran UMKM. Metode pendampingan menggunakan pendekatan 5W1H untuk merumuskan strategi yang relevan dan praktis. Solusi yang diberikan meliputi pembuatan konten promosi, optimalisasi fitur live TikTok, perbaikan desain katalog produk, dan pemanfaatan program Shopee Affiliate. Hasilnya menunjukkan peningkatan interaksi konsumen, peningkatan penjualan saat live, serta eksposur merek di media digital. Pendampingan ini memberikan rekomendasi agar UMKM lebih konsisten dalam strategi pemasaran baik digital maupun non digital dan menjalin kolaborasi dengan pihak eksternal guna meningkatkan visibilitas pasar. Diharapkan strategi ini dapat menjadi model pengembangan UMKM lain di Indonesia

References

Alifia, S., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan TikTok Live sebagai Sarana Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Galaxy Picture. Jurnal Sahmiyya. In Jurnal Sahmiyya (Vol. 3, Issue 1, pp. 209–210).

Badan Pusat Statistik. (n.d.-a). Industri Besar dan Sedang. https://www.bps.go.id/subjek/view/id/9

Elaine, M. (2024, July 6). 150 Ribu UMKM Surabaya, Baru 19 Ribu yang Bersertifikasi Halal. Suara Surabaya. https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2024/150-ribu-umkm-surabaya-baru-19-ribu-yang-bersertifikasi-halal/

Fadilah Zahra Dwi Kinanti, Mutiara Sofia Ramadhani, M. Hamdan Aldiansyah, & Muhammad Rikzam Kamal. (2025). Peran Live Streaming Tiktok dalam Meningkatkan Omzet UMKM Kreatif di Pekalongan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(5), 333-340. https://doi.org/10.62017/jemb.v2i5.4778

Haki, U., & Prahastiwi, E. D. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67

Meryl, Roffi, I., Masgo, M., Saputra, M. H., Setiawan, R., & Hartiwi, Y. (2023). Membangun brand UMKM melalui konten kreatif dan efektif menggunakan TikTok. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 3(1). https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i1

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008

Supriyanto, B. (2024, December 9). Mendorong pertumbuhan ekonomi lewat KUR dan insentif UMKM. Kementrian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Retrieved June 10, 2025, from https://www.djpb.kemenkeu.go.id/kppn/watampone/id/data-publikasi/artikel/3796-mendorong-pertumbuhan-ekonomi-lewat-kur-dan-insentif-umkm.html

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167

Published

2025-06-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Deva Mutiara Adzizah, Nadia Miftakhul Ilmi, Radhi Astri Akila Putri, Gita Ayu Puspitarini, Annisa Firdaus, Ghytsaselda Ammadea Rosyadi, Rania Aunillah Fasya, Nimas Ayu Larasati, Tri Siwi Agustina, & Elsa Yustika Putri. (2025). Optimalisasi Tiga Kanal Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM: Studi Kolaboratif Bumbu Wilona. Indonesia Economic Journal, 1(1), 52-72. https://doi.org/10.63822/725thd20