Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) dan Kualitas Layanan Digital Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Shopeefood dalam Aplikasi Shopee (Survey pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Authors

  • Siti Sariatul Khoiriyah Universitas Islam Sultan Agung Semarang Author
  • Dian Marhaeni kurdaningsih Universitas Islam Sultan Agung Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/yxgasx05

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kualitas Layanan Digital, Keputusan Konsumen

Abstract

Teknologi yang berkembang pesat di era saat ini mengakibatkan terjadinya perubahan pola perilaku manusia terutama dalam kegiatan berbelanja. Berkembangnya marketplace atau pasar daring di Indonesia saat ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang menuntut kepraktisan dan kecepatan. Salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah PT. Shopee International Indonesia yang berada pada posisi ketiga. Shopee meluncurkan layanan baru bernama ShopeeFood pada bulan April 2020 yang siap bersaing dengan layanan pesan-antar makanan sejenis seperti GrabFood dan GoFood. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran dan kualitas layanan digital mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan layanan Shopee Food pada aplikasi Shopee dengan survei terhadap mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dengan analisis data menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah pengujian kualitas data, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Uji validitas seluruh item pertanyaan dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas seluruh variabel komunikasi pemasaran terpadu sebesar 0,930, variabel kualitas layanan digital sebesar 0,935, dan variabel Komunikasi dan kualitas layanan digital diperoleh hasil menolak Ho dan menerima Ha, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Pemasaran terpadu dan kualitas layanan digital terhadap keputusan konsumen.

 

References

Abdullah, Thamrin and Francis Tantri. (2014). MANAJEMEN PEMASARAN. Jakarta: Rajawali Pers Jakarta: Prenada

Lee, Monle and Jahnson, Carla (2004). Prinsip-prinsip pokok PERIKLANAN dalam perspektif GLOBAL. Jakarta: Prenada

Littlejohn, dkk. (2009). TEORI KOMUNIKASI. Jakarta: Selemba Empat

Morissan. (2010). PERIKLANAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU.

Peter j paul dan Olson Jerry C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. (2005). RISET PEMASARAN. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rewoldt, Stewart H, dkk. (2005). STRATEGI PEMASARAN PROMOSI. Jakarta: Rineka Cipta

Shimp, Terence A. (2003). PERIKLANAN PROMOSI aspek tambahan KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU. Jakarta: Erlangga

Suyangto, M. (2003). Strategi periklanan pada e-COMMERCE Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Umar, Husain. (2005). RISET PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ardianti, Asri Nugrahani, and M.AB Widiartanto. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee .” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (2019): 1– 11.

Binastuti, Sugiharti, and Suryadi Hermanto. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kualitas Web Dan Kemudahan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Online.” Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1 (2021): 18–28.

Chrisnayangi, Amelia A R I. “Komunikasi Pemasaran Terpadu Kampoeng Batik Laweyang Surakarta” (2009): 1–125.

Dian Meilinda, Firdaus Yuni Dharta, Oky Oxcygentri. “Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Burger King Galuh Mas Karawang.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9, no. 9 (2022): 3268–3278.

Haris, Ibnu, Dinny Nurfany, and Danu Dwi Nugroho. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layangan Pesan-Antar Shopee Food.” Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS) 3, no. 1 (2022): 39–51.

Hoffman, D. W. “PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA BISNIS RITEL PAKAIAN ‘STING’ CABANG KEDOYA GREEN GARDEN)” 19 (n.d.): 78–89.

Makahimpong, Winda K N. “Pengaruh Integrated Marketing Communication , Customer Experience Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Pada Lazada Indonesia.” Universitas Sam Ratulangi 4, no. 5 (2023): 499–506.

Sari, Wulan Purnama, and Sinta Paramita. “Viral Marketing Di Media Sosial Sebagai Gaya Baru Komunikasi Pemasaran.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 6, no. 2 (2022): 309–319.

Sari, Yulia, and Nadia Wasta Utami. “Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Tantangan Teknologi.” Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik 1, no. 1 (2021): 1–14.

Situmeang, Ilona Vicenovie Oisina. “Pengaruh Aktivitas Integrated Marketing Communication Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Indihome (Survey Pada Pelanggan Indihome Di Facebook Info Pasang Wifi Indihome).” Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2022): 153–162.

Adolph, Ralph. "Gambaran umum shopee" no. 2008 (2016): 1–23. Agung, Maulvi Charisma. Pengaruh Strategi Integrated Marketing

Alfiatun, Nurma Novita, and Widwi Handari Adji. “Pengaruh Kualitas Layanan Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Food Di Kota Bandung.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 6 (2022): 1206– 1214.

Ardiansyah, Aldy. “Pengaruh Kualitas Layangan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee food Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia.” FEB Universitas Satya Negara Indonesia (2021).

Chrissanty, Hannah. Simbolon, Remista. “PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI SHOPEEFOOD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia).” Journal Scientific of Mandalika (JSM) 3, no. 9 (2022): 1–12. Communications (IMC) “Berniaga.Com” Terhadap Minat Belanja Online, 2015.

Estamarinda, Elen, Akila Akila, and Tri Sinarti. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang.” Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI) 3, no. 1 (2021): 69–82.

Febriani, Farras Rana, and Septyan Budy Cahya. “Pengaruh E-Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Shopee-Food (Studi Pada Mahasiswa Aktif Feb Unesa).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 10, no. 2 (2022): 1658–1668.

Frisilia, Puti Riani. “Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Layanan Shopeefood Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Model Modifikasi Utaut 2.” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2022).

Ichsanuddin Akmal, and Vinda Maya Setianingrum. “Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Food Di Sidoarjo” 8 (2024): 150–160.

Imam Wahjono, Sentot. “Struktur Organisasi Di Shopee.” ResearchGate, no. June (2022).

Iqbal, Muhammad, and Immawati Asniar. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 1 (2021): 35–48.

Kurniawati, putri. “Shopee Food Adalah Sebuah Layangan Pesan Antar Makanan Secara Online Yang Dimiliki Shopee.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01 (2017): 1–7.

Naufal, F. Difusi Inovasi Shopeefood Pada Mitra Pengemudi Di Kota Bogor.

Naufal, F. Difusi Inovasi Shopeefood Pada Mitra Pengemudi Di Kota Repository.Uinjkt.Ac.Id,2023.

Ulhusna, Ula. “Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Pada Digital Agency Syariah Syafaat Marcom Di Yogyakarta Tahun 2021.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., no. Imc (2022): 2013–2015.

Anugerah Ayu Sendari. “Advertising Adalah Periklanan, Ketahui Jenis Dan Fungsinya.” Liputan6, 2023.

Anwar H. “Regresi Linear Sederhana Dengan SPSS.” Statistikian.Com, 2012. https://www.statistikian.com/2012/08/regresi-linearsederhana-dengan- spss.html.

Dib, Allan. “What Is Direct Response Marketing? - Successwise.” Sucesswire.Com, 2017. http://successwise.com/what-is-direct-response- marketing.

Kastori, Rina. “Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Ahli.” Kompas.Com,2023.https://www.kompas.com/skola/read/2023/05/29/140 000769/pengertian- keputusan-pembelian-menurut-ahli.

Ngalup. “Integrated Marketing Communication: Definisi & Contoh Penerapan.” Ngalup.Co, 2023. https://ngalup.co/artikel/integratedmarketing- communication/.

“Pddikti,”. https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/search/unissula.

Shopee Indonesia. “Come Make History With Us Shopee Careers,” 2011. https://careers.shopee.co.id/about.

Published

2025-06-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Siti Sariatul Khoiriyah, & Dian Marhaeni kurdaningsih. (2025). Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) dan Kualitas Layanan Digital Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Shopeefood dalam Aplikasi Shopee (Survey pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Indonesia Economic Journal, 1(1), 30-39. https://doi.org/10.63822/yxgasx05