Pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) dan Herding Behavior terhadap Keputusan Investasi Generasi Z: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Akuntansi FEBI UINSA Semester 1 dan 3
DOI:
https://doi.org/10.63822/dbt2cg52Keywords:
FOMO, Herding Behavior, Pasar Modal, Literasi Keuangan, Keputusan InvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) dan Herding Behavior terhadap keputusan investasi di kalangan mahasiswa Akuntansi FEBI UINSA semester 1 dan 3. Studi kualitatif ini berakar pada teori bias perilaku, yang berpendapat bahwa keputusan investor tidak selalu rasional dan seringkali dipengaruhi oleh emosi dan bias kognitif. Temuan dari wawancara mendalam dengan 10 informan mengungkapkan bahwa keputusan investasi pribadi mahasiswa belum sepenuhnya rasional, terlepas dari latar belakang pendidikan akuntansi mereka. Pemicu utama perilaku ini adalah paparan unggahan media sosial yang menunjukkan keuntungan investasi, memicu mentalitas "cepat kaya" yang membuat mereka rentan terhadap risiko. Proses pengambilan keputusan mereka dicirikan oleh ketergantungan pada "sinyal" dari teman atau grup, mengabaikan analisis fundamental, yang mencerminkan Herding Behavior. Konsekuensi dari perilaku ini adalah kerugian finansial di awal investasi, menunjukkan adanya kesenjangan antara pengetahuan teoretis dan praktik nyata. Penelitian ini merekomendasikan integrasi psikologi investasi ke dalam kurikulum pendidikan, serta peningkatan literasi keuangan yang berfokus pada manajemen risiko dan bias perilaku.
References
Armeyanti, Z., Umyana, A., & Karpriana, A. P. (2025). Pengaruh FOMO dan Social Media Influencer terhadap Keputusan Investasi dengan Literasi Keuangan sebagai Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 3256–3280.
Behavioural Risk Management in Investment Strategies. (2024). International Journal of Financial Studies, 13(2), 53.
Galvani, A., & Nahda, R. (2025). The Influence of Loss Aversion and Herding on Investment Decisions with Fear of Missing Out (FoMO) as a Mediating Variable. International Journal of Business and Applied Economics.
Gupta, R., & Shrivastava, M. (2022). Herding and loss aversion in stock markets: Mediating role of fear of missing out (FOMO) in retail investors. International Journal of Emerging Markets, 18(5), 1237–1258.
Handranatan, T., & Haryono, S. (2023). Pengaruh mental accounting, regret aversion bias, herding bias, loss aversion, risk perception, dan financial literacy terhadap keputusan investasi investor Generasi Z. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) Universitas Negeri Surabaya, 11(2), 134–148.
Ivantchev, N., & Ivantcheva, E. (2024). FOMO Effect: Social Media and Online Traders. Journal of Management and Financial Sciences, XVI (48), 59-74.
Jowey, G. F. M., Yuliani, M., & Santoso, H. (2022). Influence herding and loss aversion to stock investment decisions with fear of missing out (FOMO) as a mediating variable in the young generation in Jakarta. Greenation International Journal of Economic and Accounting Policy (GIJEA), 1(2), 56-67.
Maharani, M., Takidah, E., & Fauzi, A. (2025). Pengaruh Financial Literacy, Penggunaan Investment Platform, dan Herding Behaviour Terhadap Keputusan Investasi pada Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 594–610.
Nguyen, P. Q., Le, H. T., & Tran, V. H. (2025). The Role of Fear of Missing Out (FOMO), Loss Aversion, and Herd Behavior in Gold Investment Decisions: A Study in the Vietnamese Market. International Journal of Financial Studies, 13(3), 175.
Pratiknjo, M. L., Wijaya, L. I., & Marciano, D. (t.t.). Pengaruh Bias Perilaku terhadap Keputusan Investasi dengan Fear of Missing Out (FOMO) sebagai Mediator di Indonesia. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2).
Rahmawati, U., & Raharja, S. (2024). The influence of herding, loss aversion, and availability on investment decision-making with fear of missing out as a mediating variable among Generation Z investors. Indonesian International Journal of Social and Educational Studies (IIJSE), 4(2), 70–83.
Savitri, A. I. (2025). Pengaruh Fear of Missing Out (FOMO), Herding Behavior, Gambler’s Fallacy, dan Financial Literacy Terhadap Keputusan Investasi Gen Z Pada Pasar Modal Syariah Di Indonesia. [Skripsi]. IAIN Salatiga.
Smith, A., & Lee, D. (2024). Anticipated Regret and the Amplification of FOMO in Retail Investment Behavior. Journal of Behavioral Economics and Finance, 8(2), 134-149.
Sugianto, D. F., Wijaya, L. I., & Sutejo, B. S. (2024). Herding dan Overconfidence dalam Investasi Gen Z: Dampak dan Moderasi Literasi Keuangan. Journal of Accounting and Finance Management,5(5),1088–1099.
The Correlation between Herd Behavior and Fear of Missing Out in the Vietnamese Security Market. (2025). International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 8(1), 1412-1420
The Thematic Review and Discussion of Research on Herd Behavior in Financial Markets. (2024). SAGE Open.
Uly Binu, M. O. (2024). The influence of heuristic and herding behavior on investment decisions through FOMO on retail investors in Indonesia. Journal of Innovation and Social Technology (JIST), 2(4), 22–32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Farhan Abid Pratama, Ajeng Tita Nawangsari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



