Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express Harjamukti

Authors

  • Fikih Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Pebi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Tedy Kustandi Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/asx1ba26

Keywords:

Ketepatan Waktu Pengiriman, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Shopee Express menjadi sorotan karena sering terlambat dalam pengiriman paket. Kondisi tersebut menimbulkan banyak keluhan pelanggan terkait keterlambatan dan kualitas layanan, yang akhirnya berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ketepatan waktu pengiriman serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Shopee Express Harjamukti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dengan 93 responden pengguna Shopee Express Harjamukti. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan alat analisisnya adalah SPSS 25. Hasil olah data pada  variabel  ketepatan  waktu nilai  thitung (2,532)  dan  ttabel (1,98447)  dengan  nilai  signifikansi  0,013<0,05 dan hasil olah data pada variabel kepuasan pelanggan  nilai  thitung (7,652)  dan  ttabel  (1,98447) dengan  nilai  signifikansi  0,00<0,05 artinya terdapat pengaruh ketepatan waktu pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Shopee Express Harjamukti. variabel  bebas  memberikan  pengaruh  terhadap  variabel  terikat  sebesar 72,1% sedangkan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

References

Afan Zaini, Ahmad. 2022. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen ‘Warung Bek Mu 2’ Banjaranyar Paciran Lamongan).” Pemasaran Jasa 1, no. 1: 15.

Al-Mucthar, Suwarma. 2015. Dasar Penelitian Kuantitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Aliftian Nantigiri, Muhammad Haikal, Sri Handayani, and Veronica Veronica. 2021. “Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Bekasi Tahun 2021.” Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik 7, no. 2: 181–92. https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v7i2.660.

Artati, Artati, and Sri Ernawati. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Kota Bima.” EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi 9, no. 1: 58–66. https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4262.

Berliana, Putri Nafira, Suharyati, and Tati Handayani. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Jne Cabang Corolet, Daerah Tangerang Selatan).” Prosiding Biema 1, no. 1: 440–546.

Dewantoro, Dikaprio, Aryani, Lina, Marzuki, Faisal. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE.” Journal Business Management, Economic, and Accounting National Seminar 1, no. 1: 278–93.

Dirgantini, Dini, Sarwoto. 2025. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pengguna Layanan Ekspedisi Shopee Express)” 18, no. 1: 46–54.

Djaali, Prof. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edited by Bunga Sari Fatmawati. 1st ed. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Eviani, Intan, and Yusup Rachmat Hidayat. 2021. “Pengaruh Sistem Pelacakan Online Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi).” Jurnal Manajemen Logistik 1, no. 1: 11–19. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMATIK/article/view/1253.

Kasinem, Kasinem. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 17, no. 4: 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096.

Krisna Gusti Putra. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE.” Journal Business Management, Economic, and Accounting National Seminar 1, no. 1: 278–93.

Kumrotin, Evi Laili, and Ari Susanti. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo.” J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia) 6, no. 1: 1. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870.

Mbupu, Febronia Theresia, Rangga, D.P Yoseph, Samosir Silawati Magdalena. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen.” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi 1, no. 4: 449–54. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i4.151.

Melisari, Melisari, Eka Farida, and Restu Millaningtyas. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Layanan J&T Express Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Di Marketplace (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma).” E–Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN 1, no. 5: 41–49.

Mujaki, Akhmad, Program Studi, Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu, Sosial Dan, Ilmu Politik, and Universitas Yudharta Pasuruan. 2023. Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Di Marketplace Shopee Yang Menggunakan Jasa Shopee Express Di Kota Pasuruan.

Pristiria, Riska Aidina, Kismartini Kismartini, and Ida Hayu Dwimawanti. 2022. “Faktor €“ Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan Kota Semarang.” Perspektif 11, no. 2: 533–46. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5897.

Putri, Nada Dwi Putri Dwi, Dewiana Novitasari, Teguh Yuwono, and Masduki Asbari. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Of Communication Education 15, no. 1: 1267–83. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226.

Ramadhan, Danu. 2020. “Gambaran Umum Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.” Http://Ppid.Cirebonkota.Go.Id. 2020.

Redaksi. 2023. “Survei Populix : 88% Gen Z Indonesia Menggunakan Layanan Pengiriman Untuk Berbelanja Online.” Https://Csr-Indonesia.Com. 2023.

Riansyah, Okta, Reina Damayanti, Benny Usman, and Andri Eko Putra. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kota Palembang.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 15, no. 1: 49–61. https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5647.

Riyanto, Slamet., Hatmawan, Andhita Aglis. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitaif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, Dan Eksperimen. Sleman: CV Budi Utama.

Salahudin, Aji Hartono, and Juliansi. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Shopee Express.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 16, no. 2: 59–64. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.305.

Santoso, Imam. Madiistriyanto, Harries. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kota Tangerang: Indigo Media.

Saparudin, Udin. n.d. Manajemen Pemasaran. Edited by Udin Saripudin. Pertama. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG (Grup CV. Widina Media Utama).

Septyarani, Tiara Azalia, and Nurhadi Nurhadi. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 7, no. 2: 218–27. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.15877.

Setyawati, Ria. 2023. “Volume . 19 Issue 1 ( 2023 ) Pages 57-63 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan Dan Manajemen ISSN : 0216-7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen The Effect of Service Quality on the Level of Custome” 1, no. 1: 57–63.

Sismanto, Adi, and Aris Firdian Prayuda. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Cash on Delivery, Ketepatan Waku Pengiriman, Dan Discount Flash Sale TePengarrhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Shopee.” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib) 4, no. 2: 121–29. https://doi.org/10.61567/jmmib.v4i2.166.

Syafrida Hafni Sahir. 2022. Buku Ini Di Tulis Oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang-Undang Telah Di Deposit Ke Repository UMA Pada Tanggal 27 Januari 2022.

Syahfitri, Mega Naliyah, and Danang Kusnanto. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4, no. 2: 216–37. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567.

Syuryatman Desri Habibbullah. 2024. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman, JNE” 8, no. 1.

Telkomsel. 2024. “Shopee Express: Pengertian, Layanan Dan Keuntungan.” Https://Www.Telkomsel.Com. 2024.

Umsyiah, Aisyah Ainun, Arifin, Rois, Arsyianto M Tody. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Malang)” 12, no. 02: 221–32.

Utomo, Wahyu Tri, and Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra. 2024. “Pengaruh Tarif Pengiriman, Kualitas Pelayanan, Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Semarang.” Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis 2, no. 1: 41–52. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1408.

Viola, Errie Margery, and Seri. 2023. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Pembelian Konsumen Mobil Honda PT. Istana Deli Kejayaan (IDK2) Medan.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 1, no. 2: 135–45. https://doi.org/10.51622/jbm.v1i2.1991.

Zahra, Surti, Yoga Andred Dana Tirta, and Tubagus Agus Khoironi. 2022. “Pengaruh Harga, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang Shopee Express Di Kota Serang.” National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET) 2, no. 1: 109–22. https://doi.org/10.46306/ncabet.v2i1.71.

Published

2025-08-28

How to Cite

Fikih, Pebi Kurniawan, & Tedy Kustandi. (2025). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express Harjamukti. Indonesia Economic Journal, 1(2), 1199-1212. https://doi.org/10.63822/asx1ba26