Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Kopi Rusa Jantan)

Authors

  • Muhammad Nadhir Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Pebi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Ali Jufri Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/kpsey480

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Kopi Rusa Jantan di tengah industri kopi yang kompetitif. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 konsumen sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik brand image maupun kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh brand image dan kualitas produk secara parsial ditemukan berpengaruh signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga terbukti memiliki pengaruh signifikan. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya bagi Toko Kopi Rusa Jantan untuk memperkuat citra merek dan terus meningkatkan kualitas produk guna mendorong keputusan pembelian, serta menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayanti, B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.3 No.2(2), 186–196.

Anisa, S. I., & Halida, H. (2023). The Effects of Brand Image and Product Quality on Consumer Decision Making of “Erigo” Product on Forscook (Forum Scooter Kediri) in South Region. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-032-9_25

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Iskuntianti, N. D., Faisal, M. A., Naimah, J., & Sanjaya, V. F. (2020). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, And Product Quality on Purchasing Decisions. Journal of Business Management Review, 1(6), 436–448. https://doi.org/10.47153/jbmr16.752020

Khuong, M. N., & Tran, N. T. H. (2018). The Impacts of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention — An Empirical Study of Phuc Long’s Packaged Tea Products. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.18178/ijtef.2018.9.1.580

Rihayana, I. G., Putra Salain, P. P., Eka Rismawan, P. A., & Mega Antari, N. K. (2022). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISION. International Journal of Business Management and Economic Review, 04(06), 342–350. https://doi.org/10.35409/IJBMER.2021.3345

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.

Published

2025-08-19

How to Cite

Muhammad Nadhir, Pebi Kurniawan, & Ali Jufri. (2025). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Kopi Rusa Jantan). Indonesia Economic Journal, 1(2), 1088-1099. https://doi.org/10.63822/kpsey480