Pengaruh Merek Perusahaan dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Kerja pada Industri Ritel (PT. Cahaya Bangunan Baru)

Authors

  • Restu Restu Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Sari Laelatul Qodriah Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Harry Safari Margapradja Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/50zm8x35

Keywords:

Merek Perusahaan , Kompensasi , Minat Melamar Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Merek Perusahaan dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Kerja pada PT. Cahaya Bangunan Baru. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat pelamar, khususnya pada posisi sales, yang dipengaruhi oleh citra perusahaan dan persepsi terhadap sistem kompensasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merek Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja, sedangkan Kompensasi juga berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berkontribusi signifikan dalam meningkatkan daya tarik perusahaan di mata calon pelamar. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi merek perusahaan yang kuat, dipadukan dengan sistem kompensasi yang kompetitif, dapat meningkatkan jumlah dan kualitas pelamar. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan untuk mengintegrasikan strategi branding dan kebijakan kompensasi dalam upaya memperkuat posisi di pasar tenaga kerja.

 

References

C.E.I.C. (n.d.). Indonesia | Pertumbuhan Penjualan Ritel | 2011–2023. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth

Dalv, D. S. (2021). Employer brand equity and its impact on the application intent of the prospective employees. International Journal of Business Intelligence Research, 12(1), 1–25. https://doi.org/10.4018/IJBIR.20210101.oa1

Dan, K., & Dalam, P. (2022). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. 1(3), 1–17.

Desi Tri Kurniawati&, S. M. (2024). Jki 3.3.2024. 3(3), 652–662.

Ekhsan, M., & Fitri, N. (2021). Pengaruh Merek Perusahaan Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 97–107. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.992

Fajar Setiawan, D., & Setyanti Kusumaputri, E. (2017). Kompensasi Dan Dukungan Organisasi Terhadap Ketertarikan Pelamar Kerja: Efektifitas Pemberian Informasi. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 9(1), 37–51. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss1.art3

Geofanny, R., & Faraz. (2023). Merek Perusahaan and E-recruitment Against Interest in Applying for Generation Z Jobs Merek Perusahaan dan E-recruitment Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Generasi Z. Psikostudia Jurnal Psikologi, 12(1), 146–154. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v12i1.9922

Hamid, M. N., & Rasmini, M. (2024). The Effect of Merek Perusahaan on Interest in Applying for Jobs with Company Reputation as a Mediation Variable. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 9(1), 192–215.

Junça Silva, A., & Dias, H. (2022). The relationship between Merek Perusahaan, corporate reputation and intention to apply to a job offer. International Journal of Organizational Analysis, 31(8), 1–16. https://doi.org/10.1108/IJOA-01-2022-3129

Khairunnisa, K. S., Rofaida, R., & Perdana, Y. (2025). Pengaruh Merek Perusahaan dan E-Recruitment terhadap Intention to Apply ( Studi pada Program MAP GROW Batch 6 ). 10(02), 135–153.

Manao, Y., Benammi, K. S., Aqila, M. D., Butar, A. F., Soleh, R., Siregar, O., & Siregar, A. (2024). Pengaruh Merek Perusahaan Terhadap Minat Melamar Kerja Di PT.Telekomunikasi Indonesia Kota Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 881–887.

Mostafa, B. A. (2021). Merek Perusahaan as a Contemporary Challenge in the 2020 Workplace; During the Era of Transformational Change. المجلة العربية للإدارة, 41(2), 409–420. https://doi.org/10.21608/aja.2021.176918

Nawakitphaitoon, K., & Sooraksa, N. (2023). Employer Image and Job Pursuit Intention in the New S-Curve Industries in Thailand: The Mediating Role of Organizational Attractiveness. Asian Journal of Business Research, 13(1), 1–18. https://doi.org/10.14707/ajbr.230139

Nurwati, S. (2021). Determinasi Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai: Kompensasi Dan Lingkungan Kerja (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 235–264. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.676

Salamah, N., Purwanto, T., & Rosanti, C. (2023). Pengaruh Merek Perusahaan, Media Sosial, Dan Persepsi Terhadap Niat Melamar Kerja Pada Industri Startup the Effect of Merek Perusahaan, Social Media, and Perceptions on Intention To Apply for Work in the Startup Industry. Neraca, 19, 133–146.

Sania Nur Makrufa, & Drs. Saibat, MM. (2024). Pengaruh Branding Perusahaan Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Bagi Mahasiswa Dan Alumni Perguruan Tinggi Kota Surabaya Di Pt. Bma. Soetomo Management Review, 2(4), 560–577. https://doi.org/10.25139/smr.v2i4.8030

Shalahuddin, S., Sari, M. F., & Hidayat, N. (2022). Peran Kompensasi dan E-Recruitment: Analisis Minat Melamar Pekerjaan Pada Calon Karyawan/Pegawai Generasi Millenial. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 66. https://doi.org/10.31602/atd.v6i1.6088

Sri Murniyanti, M. R. W. dan R. (2020). Scenario 2020 |. Scenario 2020, 2015, 407–419.

Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF R&D.

Sukresno, R. A., & Fadli, J. A. (2022). Pengaruh Merek Perusahaan, Reputasi Perusahaan, dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Melamar Kerja. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 01(02), 84–93. https://intropublicia.org/index.php/jadbe

Validnewsid. (n.d.). Peluang sempit tenaga kerja sektor ritel. https://validnews.id/nasional/peluang-sempit-tenaga-kerja-sektor-ritel

Published

2025-08-17

How to Cite

Restu, R., Sari Laelatul Qodriah, & Harry Safari Margapradja. (2025). Pengaruh Merek Perusahaan dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Kerja pada Industri Ritel (PT. Cahaya Bangunan Baru). Indonesia Economic Journal, 1(2), 1060-1073. https://doi.org/10.63822/50zm8x35