Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Claro di Makassar Sulawesi Selatan

Authors

  • Notasya Laura Garaidine Hormati Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Kordiana Sambara Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Mira L. Bandhaso Universitas Kristen Indonesia Paulus Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/6sjy6c34

Keywords:

Pelatihan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Claro Makassar Sulawesi Selatan khususnya di bagian service room. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 47 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di bagian service room Hotel Claro. Temuan ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang kuat antara pelatihan yang diterapkan dengan peningkatan kinerja karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa karyawan service room di Hotel Claro Makassar sudah memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik dalam menjalankan tugasnya, sehingga pelatihan tambahan tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi manajemen tempat penelitian bagian service room tentang efektivitas program pelatihan yang mereka terapkan serta memberikan kontribusi pada literatur akademik terkait dengan pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, khususnya dalam industri perhotelan.

References

I. M. Ihsani dan H. P. Rini, “Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Kebonrojo Surabaya,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 23, no. 1, hlm. 75–79, 2023.

T. B. N. Andayani dan H. Hirawati, “Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan PT POS Indonesia Cabang Kota Magelang,” J. Ilm. Manaj. Ubhara, vol. 3, no. 2, hlm. 11, 2021.

B. Septiyana, “Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta, 2022.

T. J. Zalukhu, M. H. Waruwu, Y. Mendrofa, dan E. Telaumbanua, “Implementasi Strategi Pelatihan dalam Meningkatkan Keterampilan Non-Teknis Tuntutan Bisnis dan Mendorong Inovasi Pada PT. PLN (PERSERO) UP3 NIAS,” Jesya J. Ekon. Dan Ekon. Syariah, vol. 7, no. 2, hlm. 1694–1702, 2024.

A. P. Miró-Pérez, “World Economic Forum: Present and Future,” Dimens. Empres., vol. 18, no. 2, hlm. 1–7, 2020.

M. F. Hestyrosari, “Analisis Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Proyek di Project Management Office (PMO) Telkom Corporate University Center,” 2022.

M. M. Heni Nastiti, B. M. Anjelita, dan H. S. Zalfa Zahiah Hakiki, “Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada PT. Toyota Motor di Indonesia”.

I. G. K. Purnaya dan S. H. SE, Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi, 2016.

Published

2025-08-14

How to Cite

Notasya Laura Garaidine Hormati, Kordiana Sambara, & Mira L. Bandhaso. (2025). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Claro di Makassar Sulawesi Selatan. Indonesia Economic Journal, 1(2), 1038-1050. https://doi.org/10.63822/6sjy6c34