Pengaruh Harga SPP dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Orang Tua di TK Islam Miftahul Nida
DOI:
https://doi.org/10.63822/9sgaa605Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga SPP dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan orang tua di TK Islam Miftahul Nida. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa TK Islam Miftahul Nida tahun ajaran 2024/2025 yaitu sebanyak 40 orang tua. Penentuan jumlah sampel yang diambil sebagai responden pada penelitian ini menggunakan sensus/sampling total dan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Variabel penelitian terdiri dari Harga dan Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen dan Kepuasan sebagai variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga SPP berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, serta Harga SPP dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan.
References
Amalia Br Pakpahan, & Wisnu Rayhan Adhitya. (2023). Pengaruh Biaya Pendidikan, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada Smk Pab 2 Helvetia. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 71–84. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.791
Amruddin, Nugroho, H., Sulaiman, S., Iljasmadi, Ismail, J. K., Helendra, & Johan, H. (2022). Pengantar Manajemen (Konsep dan Pendekatan Teoritis. Media Sains Indonesia.
Arigata, I. M. D., Putu, N., Anggraini, N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Orang Tua Peserta Didik pada TK Kartika Mandala Denpasar. Values, 3(2), 586–597.
Atikah, A., & Mulyono, D. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkareng Golf Club. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.53363/buss.v1i1.3
Constantina, E., Rangga, Y. D. P., & Mado, Y. J. (2024). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Gading Beach Kabupaten Sikka. 2(3).
Dinnova Ryo Kristanto, & Rayhan Gunaningrat. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen KAI Di Solo Raya. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 216–228. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i2.660
George, D., & Mallery, P. (2019). IBM SPSS Statistics 26 Step by Step A Simple Guide and Reference (16th Editi). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429056765
Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANAL ISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ». Badan Penernit Universitas Diponegoro.
Irawan, H. (2002). Manajemen Pemasaran 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. In 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan.
Isra, M., Diah, W., & Ely, R. (2024). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Teori. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (edisi kese). Indeks kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Page 1 Prinsip-prinsip Pemasaran i Edisi keduabelas Jilid 1 PHILIP KOTLER Northwestern ... ( PDFDrive ).pdf. In Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management, Twelfth Edition. In Pearson Education, Inc.
Milala, S. A. S. B., Awaludin, & Prayogi, O. (2025). Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kursus Mengemudi Mafaza Medan. 5.
Mubarok, J. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Orang Tua dalam Mendaftarkan Anaknya pada biMBA AIUEO Permata Cimanggis Depok. 1(2), 229–237.
Permatasari, I., Lie, D., Efendi, E., & Wijaya, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Tk Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.37403/maker.v2i1.34
Pramularso, L. B. & E. Y. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 7(1), 112–125.
Putri, B. R. T. (2024). Manajemen Pemasaran Modern. Manajemen Pemasaran Modern. https://doi.org/10.62083/qnafzs58
Rachmad, setiawan, dkk. (2023). Manajemen pemasaran (Teori dan studi kasus) (Issue May).
Rahmandika, Y. F., Puji, L., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.319
Ramya, N. (2019). Development. May.
Ruslim, T. S., & Rahardjo, M. (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga Dan Kualitas Pada Restoran Abuba Steak Di Greenville. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 55. https://media.neliti.com/media/publications/96569-ID-identifikasi-kepuasan-konsumen-ditinjau.pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Penerbit Alfabeta. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Suhardoyo, & Fuadah, N. S. (2024). The Effect Of Price, Product Quality, And Service Quality On Customer Satisfaction. Action Research Literate, 8(5), 1–8. https://doi.org/10.46799/arl.v8i5.372
Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 41. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (edisi 3). Andi offset.
Tjiptono, F., & gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (edisi 3). Andi offset.
Yoanistha Yuliani Eltantian, Yoseph Darius Purnama Rangga, & Nunsio Handrian Meylano. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe Rindu Lokaria. Jurnal Projemen UNIPA, 10(3), 91–103. https://doi.org/10.59603/projemen.v10i3.153
Zakaria, Z. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Mi Mathlaul Anwar Pamulang. Jurnal Arastirma, 1(2), 282. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12366
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hana Mediana, Pebi Kurniawan, Tedi Kustandi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.