Pengaruh Fear of Missing Out, Paylater, dan Literasi Keuangan terhadap Impulsive Buying pada Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.63822/bha26565Keywords:
Fear of Missing Out, Paylater, Literasi Keuangan, Impulsive BuyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FoMO),layanan paylater, dan literasi keuangan terhadap perilaku impulsive buying pada Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, yang melibatkan 385 responden Gen Z di JABODETABEK. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO dan paylater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Sementara itu, literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan, yang berarti semakin tinggi tingkat literasi keuangan, semakin rendah kecenderungan individu untuk melakukan pembelian impulsif. Temuan ini menegaskan pentingnya edukasi literasi keuangan sebagai langkah preventif untuk mengurangi impulsive buying di kalangan Gen Z.
References
Almasyhari, A. K., Sukesti, F., Sari, Y. P., & Ismi, G. (2024). EDUKASI MASYARAKAT DALAM MENGENALI IMPULSIVE BUYING DI ERA DIGITAL EKONOMI Article History : Abdikaryasakti, 4(2), 165–182. https://doi.org/10.25105/ja.v4i2.20170
Astuti, N. A., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh FOMO ( Fear of Missing Out ) , Shopping Lifestyle , dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying ( Survey pada Mahasiswa Konsumen E-commerce Shopee di Universitas Slamet Riyadi Surakarta ). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 540–562. https://doi.org/10.62710/srsrw507
Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3). https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601
Çelik, I. K., Eru, O., & Cop, R. (2019). The Effects of Consumers’ FoMo Tendencies On Impulse Buying and The Effects of Impulse Buying on Post-Purchase Regret: An Investigation on Retail Stores*. BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 10(3), 124–138. https://lumenpublishing.com/journals/index.php/brain/article/view/2189
Djamhari, S. I., Mustika, M. D., Sjabadhyni, B., & Ndaru, A. R. P. (2024). Impulsive buying in the digital age: investigating the dynamics of sales promotion, FOMO, and digital payment methods. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2419484
Fisu, A. A., Syabri, I., & Andani, I. G. A. (2024). Urban dynamics and Gen-Z mobility: The influence of land use diversity and density on daily trip patterns in Indonesia. Sustainable Futures, 8(May), 100388. https://doi.org/10.1016/j.sftr.2024.100388
Harahap, M. I., Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2023). Analysis of the effect of Fear of Missing Out (FOMO) and the use of paylater application on impulse buying behavior (review of Maqashid Syariah). Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 67. https://doi.org/10.24123/jmb.v22i2.682
Hilmi, L. D., & Pratika, Y. (2021). PAYLATER FEATURE: IMPULSIVE BUYING DRIVER FOR E-COMMERCE IN INDONESIA. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 63–74.
Kurniawati, A. D., & Amalia, J. M. (2024). Pengaruh Fear of Missing Out dan Financial Literacy terhadap Impulse Buying pada Generasi Z. Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 12(10), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v12i9.9226
Mukti, A. H., Sastrodiharjo, I., & Hariyanto, O. I. . (2024). Financial Literacy, Financial Management, Social Legitimacy and Being FOMO on Impulsive Buying: Evidence on Leisure Activity Coldplay Concert Euphoria on Indonesian Gen Z Generation. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(1), 639–660. https://doi.org/10.57178/atestasi.v7i1.843
Pratama, F. P., Anggara, Z. R., Azizi, W. N., & Cabase, D. C. (2024). The Influence of Fear of Missing Out ( FoMO ), Financial Literacy , and Trust on the Use of Pay Later Service by Gen Z Through Mediating Consumer Satisfaction. 7(1), 107–123. https://doi.org/10.33005/icebgc.v7i1.112
Pratnyawati, G. D. T., & Mardiana. (2023). Pengaruh ShopeePayLater Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa UIN Malang Jurusan Manajemen 2018-2020. Jurnal Ekbis, 24(01), 72–83. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1758/1014
Priyatno, D. (2022). OLAH DATA SENDIRI ANALISIS REGRESI LINIER DENGAN SPSS DAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS (T. A. Prabawati (ed.); 1st ed.). Cahaya Harapan. https://ipusnas2.perpusnas.go.id
Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial Dan Generasi Z Diindonesia. Management, 6(1), 606–614. https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3700
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cetakan Ke). Alvabeta. CV. https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono
Suratno, S., Rosmiati, R., & Siswono, E. (2021). Pengaruh Online Shop, Lingkungan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Implusif Mahasiswa Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 61–75. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.414
Susilowati, F. (2022). Pengujian Statistik Dengan SPSS. Pustaka Rumah C1nta. https://ipusnas2.perpusnas.go.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahrotul Lutfiyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.