Peran Teoritis Buzz Marketing dalam Menghubungkan Social Media Marketing dan Minat Beli

Authors

  • Putri Aidina Universitas Muhammadiyah Jambi Author
  • Arniwita SY Universitas Muhammadiyah Jambi Author
  • Endah Tri Kurniasih Universitas Muhammadiyah Jambi Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/xg0y8j25

Keywords:

social media marketing, buzz marketing, minat beli, e-WOM, pemasaran digital

Abstract

Dalam era digital, media sosial telah menjadi sarana strategis dalam menjangkau konsumen dan menciptakan keterlibatan merek. Social media marketing tidak hanya menjadi alat promosi, tetapi juga memicu percakapan yang membentuk persepsi publik terhadap produk. Salah satu efek lanjutan dari strategi ini adalah terbentuknya buzz marketing, yaitu penyebaran informasi produk yang dilakukan oleh konsumen secara sukarela melalui kanal digital. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara teoretis peran buzz marketing sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara social media marketing dan minat beli konsumen. Dengan merujuk pada literatur terdahulu dan model konseptual, artikel ini menyajikan argumentasi bahwa buzz marketing memperkuat pengaruh Social Media Marketing terhadap niat beli dengan membangun kredibilitas, interaksi emosional, dan persepsi sosial terhadap merek. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan integratif antara Social Media Marketing dan buzz marketing dapat meningkatkan efektivitas kampanye digital, khususnya dalam industri skincare yang memiliki pasar kompetitif dan responsif terhadap tren media sosial.

 

References

Al jihadi, ad, & Hariyanto, D. (2023). The Effectiveness of Tik-Tok Buzz Marketing in Increasing Sales of Bakso Masroy Surabaya [Efektivitas Buzz Marketing Tik-Tok Dalam Meningkatkan Penjualan Bakso Masroy Surabaya].

Arianto, b. (2019). Peran buzzer media sosial dalam memperkuat ekosistem pemasaran digital.

Eroglu, S. A., Machleit, K. A., & Davis, L. M. (2001). Atmospheric qualities of online retailing: A conceptual model and implications. Journal of Business Research, 54(2), 177–184. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00087-9

Herlina, V., Yacob, S., & Octavia, A. (2022). The Role of social media marketing in improving marketing performance for smes during the covid-19 pandemic: a literature review. In Put It Right Journal (PIRJ).

lham Ramadhan. (2024). Pengaruh Live Streaming Dan Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Universitas Jambi. (Skripsi) Universitas Jambi. Jambi

Jusuf, D. I. (2023). Jurnal Sosial Sains dan Komunikasi (Ju-SoSAK) Buzz Marketing: Effective Strategy for Increasing Sales in the Digital Era. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/sosak

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016) Marketing Management (15th Edition). New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc. marketing performance for smes during the covid-19 pandemic: a literature review. In Put It Right Journal (PIRJ).

Musa, M. I., & Puspitasari, A. R. (2018). Pengaruh Buzz Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Chocolicious Di Kota Makassar. In Jurnal Economix (Vol. 6).

Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. In Jumpa (Vol. 8, Issue 2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report

Novita Ekasari. (2014) Pengaruh Promosi Berbasis Sosia Media Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ukm Busrain Subang Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh. (2014). http://candraadiputra.blogspot.com/2012/07/statistik-pengguna-

Putri Handayani, Sofia Ningsih Rahayu Putri, & Rahmat Wisudawanto. (2024). Peran Buzzer Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Brand Produk Susu Allesgut. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 146–156. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2908

Saddha Yohandi, Yuliana, Arwin, Lisa, & Ivone. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang. Sosmaniora: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 182–186. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.451

Sanjaya, A. S. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty. In Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, Issue 4).

Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 25–34. https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602

Sunyoto, D., & Yanuar Saksono, C. (2022). Perilaku konsumen penerbit cv.eureka media aksara.

Ulandari, O. (2025). Analisis Social Media Marketing dan Buzz Marketing: Pengaruh terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare The Originote di Kota Jambi (Skripsi). Universitas Jambi, Jambi.

Wijoyo, H.& Musnaini (2021). Impact of Variety Seeking, and Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching (Studi Pada Industri Kosmetik di Indonesia). Ekonam: Jurnal Ekonomi.

Published

2025-07-14

How to Cite

Putri Aidina, Arniwita SY, & Endah Tri Kurniasih. (2025). Peran Teoritis Buzz Marketing dalam Menghubungkan Social Media Marketing dan Minat Beli. Indonesia Economic Journal, 1(2), 485-493. https://doi.org/10.63822/xg0y8j25