Pengaruh Fear of Missing Out, Paylater, dan Literasi Keuangan terhadap Impulsive Buying pada Gen Z

Authors

  • Zahrotul Lutfiyah Universitas Negeri Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/bha26565

Keywords:

Fear of Missing Out, Paylater, Literasi Keuangan, Impulsive Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FoMO),layanan paylater, dan literasi keuangan terhadap perilaku impulsive buying pada Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, yang melibatkan 385 responden Gen Z di JABODETABEK. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO dan paylater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Sementara itu, literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan, yang berarti semakin tinggi tingkat literasi keuangan, semakin rendah kecenderungan individu untuk melakukan pembelian impulsif. Temuan ini menegaskan pentingnya edukasi literasi keuangan sebagai langkah preventif untuk mengurangi impulsive buying di kalangan Gen Z.

References

Almasyhari, A. K., Sukesti, F., Sari, Y. P., & Ismi, G. (2024). EDUKASI MASYARAKAT DALAM MENGENALI IMPULSIVE BUYING DI ERA DIGITAL EKONOMI Article History : Abdikaryasakti, 4(2), 165–182. https://doi.org/10.25105/ja.v4i2.20170

Astuti, N. A., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh FOMO ( Fear of Missing Out ) , Shopping Lifestyle , dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying ( Survey pada Mahasiswa Konsumen E-commerce Shopee di Universitas Slamet Riyadi Surakarta ). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 540–562. https://doi.org/10.62710/srsrw507

Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3). https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601

Çelik, I. K., Eru, O., & Cop, R. (2019). The Effects of Consumers’ FoMo Tendencies On Impulse Buying and The Effects of Impulse Buying on Post-Purchase Regret: An Investigation on Retail Stores*. BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 10(3), 124–138. https://lumenpublishing.com/journals/index.php/brain/article/view/2189

Djamhari, S. I., Mustika, M. D., Sjabadhyni, B., & Ndaru, A. R. P. (2024). Impulsive buying in the digital age: investigating the dynamics of sales promotion, FOMO, and digital payment methods. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2419484

Fisu, A. A., Syabri, I., & Andani, I. G. A. (2024). Urban dynamics and Gen-Z mobility: The influence of land use diversity and density on daily trip patterns in Indonesia. Sustainable Futures, 8(May), 100388. https://doi.org/10.1016/j.sftr.2024.100388

Harahap, M. I., Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2023). Analysis of the effect of Fear of Missing Out (FOMO) and the use of paylater application on impulse buying behavior (review of Maqashid Syariah). Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 67. https://doi.org/10.24123/jmb.v22i2.682

Hilmi, L. D., & Pratika, Y. (2021). PAYLATER FEATURE: IMPULSIVE BUYING DRIVER FOR E-COMMERCE IN INDONESIA. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 63–74.

Kurniawati, A. D., & Amalia, J. M. (2024). Pengaruh Fear of Missing Out dan Financial Literacy terhadap Impulse Buying pada Generasi Z. Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 12(10), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v12i9.9226

Mukti, A. H., Sastrodiharjo, I., & Hariyanto, O. I. . (2024). Financial Literacy, Financial Management, Social Legitimacy and Being FOMO on Impulsive Buying: Evidence on Leisure Activity Coldplay Concert Euphoria on Indonesian Gen Z Generation. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(1), 639–660. https://doi.org/10.57178/atestasi.v7i1.843

Pratama, F. P., Anggara, Z. R., Azizi, W. N., & Cabase, D. C. (2024). The Influence of Fear of Missing Out ( FoMO ), Financial Literacy , and Trust on the Use of Pay Later Service by Gen Z Through Mediating Consumer Satisfaction. 7(1), 107–123. https://doi.org/10.33005/icebgc.v7i1.112

Pratnyawati, G. D. T., & Mardiana. (2023). Pengaruh ShopeePayLater Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa UIN Malang Jurusan Manajemen 2018-2020. Jurnal Ekbis, 24(01), 72–83. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1758/1014

Priyatno, D. (2022). OLAH DATA SENDIRI ANALISIS REGRESI LINIER DENGAN SPSS DAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS (T. A. Prabawati (ed.); 1st ed.). Cahaya Harapan. https://ipusnas2.perpusnas.go.id

Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial Dan Generasi Z Diindonesia. Management, 6(1), 606–614. https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3700

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cetakan Ke). Alvabeta. CV. https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono

Suratno, S., Rosmiati, R., & Siswono, E. (2021). Pengaruh Online Shop, Lingkungan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Implusif Mahasiswa Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 61–75. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.414

Susilowati, F. (2022). Pengujian Statistik Dengan SPSS. Pustaka Rumah C1nta. https://ipusnas2.perpusnas.go.id

Published

2025-07-15

How to Cite

Zahrotul Lutfiyah. (2025). Pengaruh Fear of Missing Out, Paylater, dan Literasi Keuangan terhadap Impulsive Buying pada Gen Z. Indonesia Economic Journal, 1(2), 519-530. https://doi.org/10.63822/bha26565