Pemanfataan Media Digital Berbasis Budaya dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Tren dan Temuan Penelitian Terkini (2021-2025)
DOI:
https://doi.org/10.63822/s0mbz159Keywords:
Budaya, Media digital, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma pembelajaran di Sekolah Dasar menuju model yang lebih interaktif, kolaboratif, dan berorientasi pada kompetensi abad ke-21. Namun, pesatnya digitalisasi pendidikan juga menimbulkan tantangan terhadap pelestarian nilai-nilai budaya dan karakter bangsa di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara konsep media digital, budaya, dan pembelajaran di Sekolah Dasar, mengidentifikasi fokus penelitian dominan, serta menelusuri perkembangan temporal penelitian tentang media digital berbasis budaya selama periode 2021–2025. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) berbasis model PRISMA 2020, dengan menelaah artikel nasional dan internasional yang diperoleh melalui Google Scholar sebanyak 200 artikel awal. Setelah melalui proses seleksi identifikasi, penyaringan, dan kelayakan, diperoleh 15 artikel PDF jurnal ilmiah yang memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berbasis budaya berperan penting dalam memperkuat karakter, literasi budaya, dan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Fokus penelitian dominan meliputi pengembangan permainan digital, komik interaktif, multimedia berbasis web, serta buku cerita digital yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dan nasional. Secara temporal, tren penelitian menunjukkan pergeseran dari adaptasi teknologi pascapandemi menuju integrasi nilai-nilai budaya dalam desain pembelajaran digital. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pengembangan media digital berbasis budaya merupakan solusi strategis untuk menciptakan pembelajaran yang humanistik, relevan, dan berakar pada identitas bangsa di era digital.
Downloads
References
Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789
Ågren, Y., & Aarsand, P. (2024). Young people’s digital drawing practices as cultural heritage. International Journal of Cultural Studies, 27(5), 694–715. https://doi.org/10.1177/13678779241248843
Alif Agung Wicaksono, Lola Depra, Silva Maharani, Syahrial, S. N. (2022). Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah DasarJurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3976
banks. (2015). No Title.
Camuñas-García, D., Cáceres-Reche, M. P., Cambil-Hernández, M. de la E., & Lorenzo-Martín, M. E. (2024). Digital Game-Based Heritage Education: Analyzing the Potential of Heritage-Based Video Games. Education Sciences, 14(4). https://doi.org/10.3390/educsci14040396
Chima Abimbola Eden, Onyebuchi Nneamaka Chisom, & Idowu Sulaimon Adeniyi. (2024). Cultural Competence in Education: Strategies for Fostering Inclusivity and Diversity Awareness. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(3), 383–392. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i3.895
Chusna Rida Rahmadani, V. D. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Keberagaman Sosial Budaya Di Indonesia. Jpsd, 11(10), 2172–2182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/56955
Fiddiyasari, A., & Pustika, R. (2021). Students’ Motivation in English Online Learning during Covid-19 Pandemic at SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(2), 57–61. https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i2.1217
Garcia, A. R., Filipe, S. B., Fernandes, C., Estevão, C., & Ramos, G. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Guo, M. (2025). Bichronous modes in heritage education for enhancing motivation and learning outcomes via the ARCS model. Npj Heritage Science, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.1038/s40494-025-01858-w
Haddaway, N. R., Page, M. J., Pritchard, C. C., & McGuinness, L. A. (2022). PRISMA2020: An R package and Shiny app for producing PRISMA 2020-compliant flow diagrams, with interactivity for optimised digital transparency and Open Synthesis. Campbell Systematic Reviews, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.1002/cl2.1230
Huk, T. (2021). From Education 1.0 to Education 4.0 – Challenges for the Contemporary School. New Educational Review, 66, 36–46. https://doi.org/10.15804/tner.21.66.4.03
Laksana, D. N. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 012. https://doi.org/10.17977/um038v7i12024p012
Nuraeni, R., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 535–546. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.945
Park, H., Kim, H. S., & Park, H. W. (2021). A Scientometric Study of Digital Literacy, ICT Literacy, Information Literacy, and Media Literacy. Journal of Data and Information Science, 6(2), 116–138. https://doi.org/10.2478/jdis-2021-0001
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
piaget. (1972). The Psychology of Intelligence.
Ramalepe, M. L., & Westhuizen, G. Van der. (2024). The use of digital storytelling in the teaching of reading at a rural primary school. International Journal of Educational Technology and Learning, 17(2), 9–16. https://doi.org/10.55217/101.v17i2.831
Tatlı, Z., & Prof, A. (2022). Digital Storytelling Experiences of Primary School Students in Distance Education: An Analysis on Students’ Perceptions of Collaborative Working. Psycho-Educational Research Reviews, 11(1), 14–30. https://doi.org/10.52963/perr_biruni_v11.n1.02
Toharudin, M., Sari, H. K., Pranoto, B. A., & Fitri, R. M. (2021). Budaya Literasi dan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Oktober, 4(2), 175–190.
Yang, W. (2022). Artificial Intelligence education for young children: Why, what, and how in curriculum design and implementation. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3(March), 100061. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100061
Zhang, Y., & Chen, X. (2023). Exploring Cultural Identity and Language Development Through Digital Storytelling: Tales of Culturally-Linguistically Diverse Secondary Students. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 19(2), 128–140. https://doi.org/10.37120/ijttl.2023.19.2.03
Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Literasi Digital di Sekolah Dasar. 25(1), 103–120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evika Widya Puspita, Wasino, Tri Astuti, Argitha Aricindy (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
						
							