Etika Iklan Royale Soklin Superlatif di Pasar Berkembang

Authors

  • Isaac Ibrahim Molfi Universitas Muhammadiyah Jakarta Author
  • Alief Rahman Juliansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta Author
  • Daniel Handoko Universitas Muhammadiyah Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/7rhvbv62

Keywords:

Etika periklanan, Royale Soklin, puffery, Persepsi Konsumen

Abstract

Di tengah pertumbuhan pasar digital di negara berkembang, iklan hiperbolik tanpa dasar faktual dapat melemahkan kepercayaan konsumen dan menimbulkan risiko reputasi merek. Hal ini dapat memberikan prasangka bahwa suatu kelebihan produk memicu ketertarikan pada konsumen, namun dibalik itu bisa menjadi tolak  suatu produk , Pada kondisi ini, pelaku iklan harus menerapkan Etika Periklanan yang menjadi pedoman yaitu Etika Periklanan Indonesia. Salah satu iklan produk deterjen "Royale Soklin Sachet" yang menggunakan slogan "wangi mewah enggak ada duanya" dengan metode penelitian kualitatif jenis studi literatur. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mesikpun klaim superlatif secara hukum dapat digolongkan sebagai puffery, review ini menimbulkan dalam segi etika melanggar karena diragukan untuk mengetahui verifikasi kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Federal Trade Commission (FTC). (2020). Advertising and Marketing on the Internet: Rules of the Road. Retrieved from https://www.ftc.gov/tips-advice/business-center/guidance/advertising-marketing-internet-rules-road

Adinda Ayu Puspita Kuncoro & M. Syamsyudin. (2024). Perlindungan Konsumen terhadap Overclaim Produk Skincare. Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Rafyanka Ivana Putri Ngabito. (2024). Analisis Pertanggungjawaban Hukum terhadap Pengedaran Produk Skincare yang Terbukti Overclaim. Fakultas Hukum, Universitas Negeri Gorontalo.

Akmal, H. F., Ersadewa, D. T., & Rahmawati, D. (2024). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Marina Hand Body Lotion. Jurnal Audiens, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.265

Praditya, R. D., Ramadhani, D. A., Pamungkas, A. H. A. A., & Muktaf, Z. M. (2025). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Dancow 1+ Imunonutri . Jurnal Audiens, 6(2), 286–294. https://doi.org/10.18196/jas.v6i2.562

Published

2025-07-10

How to Cite

Isaac Ibrahim Molfi, Alief Rahman Juliansyah, & Daniel Handoko. (2025). Etika Iklan Royale Soklin Superlatif di Pasar Berkembang. Journal of Literature Review, 1(2), 336-340. https://doi.org/10.63822/7rhvbv62