Integrasi Spiritualitas Dalam Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.63822/pgz7nw31Keywords:
integrasi spiritualitas; pembelajaran penemuan; pembentukan karakter siswa; motivasi belajar; spiritual quotient; etika; disiplin.Abstract
Penelitian ini membahas peran integrasi spiritualitas dalam strategi pembelajaran penemuan (discovery learning) sebagai upaya pembentukan karakter siswa yang kuat dan beretika. Integrasi nilai-nilai spiritual dalam proses belajar tidak hanya meningkatkan motivasi belajar siswa, tetapi juga berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan kesadaran diri, empati, disiplin, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Dimensi spiritual dan sosial mampu membentuk etika, integritas, serta kepemimpinan inklusif untuk mendukung interaksi sosial yang harmonis di lingkungan sekolah dan masyarakat. Dukungan guru sebagai teladan moral dan lingkungan pembelajaran yang kondusif memperkuat proses internalisasi nilai spiritual. Konsep Spiritual Quotient (SQ) menjadi dasar motivasi yang mengarahkan siswa pada tujuan hidup bermakna, memperkuat kedisiplinan dan partisipasi aktif. Implikasi praktis meliputi pengembangan kurikulum holistik, pelatihan guru, serta kolaborasi dengan orang tua untuk menjaga kesinambungan nilai spiritual. Disarankan studi lanjutan yang mengevaluasi dampak jangka panjang integrasi spiritualitas terhadap pembentukan karakter dan prestasi akademik siswa dengan kajian longitudinal dan pendekatan eksperimen.
References
Efendi, L. R. N. (2025). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Islam.
Fikria. (2023). Peran integrasi spiritual dan kultural sosial dalam pembentukan karakter. Afkar Journal, 7(4), 455–470.
Hasan, M. (2020). Etika dan integritas dalam pendidikan spiritual. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 150–164.
Hasbullah, M. (2022). Implementasi pendidikan spiritual melalui metode pembelajaran. Mahasiswa Press.
Hasbullah, M. (2024). Implementasi pendidikan spiritual melalui metode pembelajaran. Lembaga Penelitian Mahasiswa.
Irawan, S. (2020). Pembentukan karakter melalui integrasi spiritual dalam pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 115–130.
Kurniawati, D. (2018). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap keinginan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam.
Lana, I. A., Meilan, L., & Imelda Rosen, S. (2025). PERKEMBANGAN KERAJAAN ALLAH ZAMAN PAULUS: PAULUS DI ATHENA (KIS. 17: 16-34). JUTEQ: JURNAL TEOLOGI & TAFSIR, 2(4), 823–832.
Popilo, R., & al., et. (2023). Pengaruh nilai spiritual dan tujuan hidup terhadap motivasi belajar dan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 200–215.
Prasetya, A. (2021). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis spiritual terhadap motivasi dan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(1), 45–60.
Rianita, F. (2020). Motivasi belajar berbasis spiritual pada mahasiswa. Jurnal Seminar Pendidikan.
Rohmah, R. (2023). Dimensi afektif dan sosial dalam pembelajaran berbasis spiritual. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 7(3), 150–165.
Rustya, S., & Akhmad Zaini, M. (2020). Penguatan keterampilan sosial melalui pendidikan spiritual: Komunikasi efektif, kerja sama, dan kepemimpinan inklusif. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 120–135.
Sani, S., & al., et. (2021). Pengembangan rasa percaya diri dan harga diri melalui pembelajaran berbasis spiritual. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 210–226.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, A., & Hidayati, R. (2017). Kesadaran diri dan empati melalui pembelajaran berbasis spiritual. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–101.
Wardoyo, A., & Aditya, A. (2022). Pembentukan karakter melalui integrasi spiritual dalam kurikulum. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 45–60.
Yana, N. (2024). Pengembangan pembelajaran berbasis spiritual untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 55–70.
Yasmin, S. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis nilai-nilai spiritual terhadap motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 72–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siren Nugroho, Lukas Thelios Rangin, Revalina, Sinta Pembriani, Wandi, Rina Lorensa, Kalip (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

