Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas IV SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember
DOI:
https://doi.org/10.63822/fj50yc31Keywords:
Saintifik, Pembelajaran Tematik, SD Miftahul Ulum Kaliwates JemberAbstract
enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Miftahul Ulum Kaliwates Jember serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik melalui tahapan 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan). Guru berperan sebagai fasilitator yang memotivasi siswa untuk aktif membangun pengetahuan, sedangkan siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam kegiatan belajar. Pendekatan ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan pembentukan karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, serta kerja sama. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, dan kurangnya media pembelajaran interaktif. Strategi yang diterapkan guru untuk mengatasi hal tersebut antara lain penggunaan kelompok heterogen, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, serta dukungan sekolah dalam pelatihan guru. Secara keseluruhan, pendekatan saintifik terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran tematik yang aktif, kreatif, dan bermakna di sekolah dasar.
References
Alqurni, A., dkk. (2023). Model pembelajaran tematik perspektif pendekatan saintifik. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/download/1512/609
Andiana, F., Marzuki, & Utami, S. (2017). Strategi implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Kota Sintang. Universitas Tanjungpura. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb
Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46–51. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5648
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fitriyah, R. (2022). Peran dukungan sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru terhadap implementasi pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 65–73.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud65-2013SI.pdf
Lestari, D. A. (2015). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Widyagogik: Jurnal Pendidikan, 3(1), 66–72. https://jurnal-widyagogik.org/index.php/jurnal/article/view/1683
Lestari, F., & Anwar, S. (2020). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 112–121. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jpdn/article/view/8219
Mariana, M., Marzuki, & Sabri, T. (2022). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 13 Pontianak Barat. https://media.neliti.com/media/publications/212293-implementasi-pendekatan-saintifik-dalam.pdf
Mastura. (2018). Implementasi saintifik dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Nanga Pinoh. Universitas Tanjungpura Pontianak. https://repository.untan.ac.id/215918
Mayori, E., & Taufik, T. (2020). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas II sekolah dasar. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/download/10431/4265
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, D., & Rahmawati, A. (2021). Implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal EduHumaniora, 13(1), 45–54. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/36026
Sarjita, U. N., Kartono, & Pranata, R. (2022). Analisis penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(6), 76–83. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/54982
Sari, N., & Prasetyo, A. (2021). Kolaborasi siswa dalam pembelajaran saintifik untuk meningkatkan partisipasi belajar di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 421–432.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2013). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Wulandari, E., & Hasanah, N. (2020). Kendala guru dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 8(4), 256–265. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JDDI/article/view/28284
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iftitahur Rizqi Amaliyah, Arifah Sasta Firdausiah, Dwi Anggi Ainun Marsiyah, Muhammad Suwignyo Prayogo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

