Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Nurul  Anwar Kota Bekasi

Authors

  • Sephia Brisa Mariana Universitas Panca Sakti Bekasi Author
  • Yon A.E Universitas Panca Sakti Bekasi Author
  • Nadia Rista Universitas Panca Sakti Bekasi Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/rrpxjy11

Keywords:

Media Pembelajaran , Audio Visual, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VII SMP Nurul Anwar, Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel penelitian berjumlah 52 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji t, uji F, serta koefisien determinasiHasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 9,236 > ttabel 2,013 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Uji F juga memperkuat temuan tersebut dengan nilai Fhitung 85,313 > Ftabel 4,05 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Analisis koefisien determinasi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,660, yang berarti media audio visual mampu menjelaskan 66% variasi minat belajar siswa, sedangkan 34% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual secara efektif meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

 

References

Af, G., Y, F., & Jarmani. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 177–194. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.284

Afrilliyan, M., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Peningkatan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Budaya. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.24

Ananda, D., Afiati, E., & Nurmala, M. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 8, 39–44. https://doi.org/10.52657/jfk.v8i2.1708

Asih, & Adi Imami. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Astuti, N., Suryana, A., & Suaidi, H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies.

Bangun, D., Lubis, R., Syahputra, D., & Agustinwati. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN PKn TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII DI SMP NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2021-2022. In Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 11, Issue 2).

Chandra, M., Rasimin, & Lubis, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 6(2).

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734-1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Hidayah, N., Fajriyah, K., & Kartinah. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Media Gambar Siswa Kelas 2 SDN Sawah Besar 01.

Ichsan, J., Suraji, M., Muslim, F., Miftadiro, W., & Agustin, N. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III.

Ihsan, A., Fitriani, A., Masruhim, M., & Yuliana. (2023). Analisis Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Video.

Indarto. (2017). Tabel t dan r. Scribd.

https://www.scribd.com/document/362110780/tabel-t-dan-r

Isnaini, M., Afgani, M., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2).

Junaidi. (2010). Tabel t [PDF]. WordPress. https://junaidichaniago.wordpress.com/wp-content/uploads/2010/04/tabel-t.pdf

Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan, 3(1).

Nasar, A., Saputra, D., Arkaan, M., Ferlyando, M., Andriansyah, M., & Pangestu, P. (2024). Uji Prasyarat Analisis. 2(6), 786–799.

Putri, A., Harahap, M., Harahap, P., & Adelia, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di Sekolah. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPBAS/index

Rahmasari, D. (2023). Strategi Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1075–1079. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1831

Setiawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Sinaga, D., Simangunsong, R., Simajuntak, A., Sinaga, F., Sinaga, Y. P., Hutagalung, W., Simbolon, U. G., Sitindaon, L. M., & Maharani, N. (2024). Mengembangkan Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1550–1560. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5430

Siswanto, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 522. https://doi.org/10.29210/30032101000

Situmeang, D., Manik, A., Manik, G., Siahaan, A., Saragi, F., & Manik, R. (2024). Analisis Metode Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 06(04), 19814–19822.

Berikut kutipan APA untuk artikel yang kamu kirim:

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea masalah ukuran sampel? Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2). https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sugiyono. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). ALFABETA.

Syahfitri, L., Ritonga, Y., Angkat, D., Audiva, N., Hutasuhut, & Nasution, A. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Materi Agama Islam pada Kelas V di SDN 054903 UPL Kayu Balok. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe

Utami, N., Saifullah, Utama, E., & Wibowo, B. (n.d.). The relationship of making audiovisual media with study motivation in psychological courses: Hubungan pembuatan media audiovisual dengan motivasi belajar pada mata kuliah psikologi. https://doi.org/10.36526/js.v3i2

Waritsman, A., & R, H. (2020). Kreativitas Guru dalam Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Madinatul Ilmi DDI Siapo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Widiawati, R., & Asep, G. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Al Islam Klaten pada Mata Pelajaran IPS. SOSIOLIUM, 6(2), 2025.

Yusnaldi, E., Panjaitan, D., Pasaribu, F., Sabina, L., Mustika, N., & Adelia, R. (2023). Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Published

2025-09-24

How to Cite

Sephia Brisa Mariana, Yon A.E, & Nadia Rista. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Nurul  Anwar Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 457-466. https://doi.org/10.63822/rrpxjy11