Integrasi Pendidikan Perdamaian dalam Sistem Pendidikan Formal: Tantangan, Dinamika Konflik Global, dan Urgensi Membangun Toleransi serta Kohesi Sosial

Authors

  • Syaifudin Zuhri Universitas Islam Raden Rahmat Author
  • Masnunah Universitas Islam Raden Rahmat Author
  • Sutomo Universitas Islam Raden Rahmat Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/87fxmx42

Keywords:

Pendidikan Perdamaian, Sistem Pendidikan Formal, Literasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendidikan perdamaian dalam sistem pendidikan formal menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Data dikumpulkan dari literatur ilmiah, jurnal akademik, dan sumber kredibel lainnya yang relevan dengan tema pendidikan perdamaian. Temuan menunjukkan bahwa integrasi pendidikan perdamaian menghadapi hambatan sistemik, budaya, dan praktis, seperti prioritas pada mata pelajaran akademik, kurangnya pelatihan guru, serta resistensi institusional dan politik. Dinamika konflik global, seperti ketegangan etnis dan polarisasi digital, menggarisbawahi urgensi pendidikan perdamaian untuk menanamkan nilai toleransi, keadilan, dan keterampilan penyelesaian konflik pada generasi muda. Program seperti Education for Peace di Bosnia dan Generations for Peace di Yordania membuktikan efektivitasnya dalam mengurangi prasangka dan meningkatkan kohesi sosial, meskipun tantangan seperti ketidaksesuaian budaya dan keterbatasan sumber daya masih ada. Penelitian ini merekomendasikan advokasi kebijakan, pelatihan guru, integrasi literasi digital, dan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan efektivitas pendidikan perdamaian guna membangun masyarakat yang inklusif dan damai.

References

Dr. Younis Ahmad Sheikh, Rufadha Akhter. (2023). PEACE EDUCATION: A PATHWAY TO THE CULTURE OF PEACE. Pakistan Journal of International Affairs, 6(3). https://doi.org/10.52337/pjia.v6i3.895

Ekah, E. R. (2021). UNESCO and Peace Education: UNESCO’s Contributions to the Promotion of Peace Education in Cameroon. International Journal of Peace, Education and Development, 9(2). https://doi.org/10.30954/2454-9525.02.2021.4

Estes, R. J. (2023). Global Peace Index. In Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research. https://doi.org/10.1007/978-3-031-17299-1_3385

Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In The Community Performance Reader. https://doi.org/10.4324/9781003060635-5

Grewal, B. S. (2003). Johan Galtung: Positive and Negative Peace. School of Social Science, Auckland University of Technology, 30(1).

IEP. (2021). Institute for Economics & Peace. Global Peace Index 2021. Global Peace Index.

Jondar, A., Widodo, A. P., De Fretes, J., Hakim, L., Susanto, S., & Sujud, M. (2022). JOHAN GALTUNG’S CONCEPT OF PEACE CULTURE AND ITS IMPLEMENTATION IN INDONESIA. Lire Journal (Journal of Linguistics and Literature), 6(2). https://doi.org/10.33019/lire.v6i2.163

Mulyadi, Diah Sartika, Hasrian Rudi Setiawan, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah : Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554

Presiden RI. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022.

Rantung, D. A. (2017). PERAN PENDIDIKAN PERDAMAIAN KAITANNYA DENGAN PAK DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Jurnal Shanan, 1(1). https://doi.org/10.33541/shanan.v1i1.1466

Robiolle-Moul, T. (2012). The impediments to national school-based peace education programs in fragile states. Conference Papers -- New England Political Science Association.

Saifuddin, S., Chotib, R., & Muhammad, M. (2022). Definisi Sejarah Dan Konsep Peace Education (Pendidikan Perdamaian). Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, 2(36).

Singh, R. (2023). UNESCO: ROLE AND FUNCTIONS. VIDYA - A JOURNAL OF GUJARAT UNIVERSITY, 2(1). https://doi.org/10.47413/vidya.v2i1.281

Thoyib, M. (2020). The Management of Multicultural Resolution on Post- Transnationalism of Indonesian Islamic Education: Challenges for the Future. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(2). https://doi.org/10.21154/cendekia.v18i2.1901

Tular, N. I., & Manik, J. S. (2022). Pendidikan Perdamaian bagi Remaja: Upaya Pencegahan Terjadinya Konflik antar Umat Beragama. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(1). https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.228

United Nations Educational, S. and C. O. (UNESCO), United Nations Program on HIV/AIDS (UNAIDS), United Nations Population Fund (UNFPA), United Nations Children’s Fund (UNICEF), UN Women, & World Health Organization (WHO). (2018). International technical guidance on sexuality education. Https://Www.Unfpa.Org/Sites/Default/Files/Pub-Pdf/ITGSE.Pdf .

Published

2025-08-22

How to Cite

Syaifudin Zuhri, Masnunah, & Sutomo. (2025). Integrasi Pendidikan Perdamaian dalam Sistem Pendidikan Formal: Tantangan, Dinamika Konflik Global, dan Urgensi Membangun Toleransi serta Kohesi Sosial. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 424-437. https://doi.org/10.63822/87fxmx42