Manajemen Pelayanan Penerimaan Santri Baru pada Asrama Khadijah, Aisyah dan Tahfidz Al-Yumna Wonorejo Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.63822/ptey7v46Keywords:
Manajemen, Pelayanan, Penerimaan Santri Baru, Tahfidz Al-YumnaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelayanan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang, dengan studi kasus pada asrama Khadijah, Aisyah, dan Tahfidz Al-Yumna. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk memahami secara mendalam proses, strategi, dan inovasi dalam pelayanan penerimaan santri baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerimaan santri baru dilaksanakan secara terstruktur mulai dari pendaftaran (online dan offline), verifikasi dan seleksi, daftar ulang, orientasi, hingga pendampingan awal. Pelayanan yang diberikan tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga mencakup pembinaan karakter, sosial, dan spiritual, dengan peran aktif pengurus dan pengasuh asrama. Inovasi seperti penggunaan kartu madani dan pemanfaatan media sosial berbasis Islami turut mendukung adaptasi dan pengembangan santri. Manajemen pelayanan yang holistik dan humanis ini menciptakan lingkungan asrama yang kondusif, mendorong santri baru untuk beradaptasi, tumbuh mandiri, disiplin, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pesantren.
References
https://psb.pondoksyarifuddin.com/daftar#step-1
Jhon M. Echols Dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia (Jakarta: Gramedia, 1993).
Salsabila Nafa Putri. Manajemen Pelayanan di Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah 11 Gunung Labuhan Waykanan, 2021.
Ajatul, A.Fadchur Rahman Z. Manajemen Penerimaan Santri Baru Di Pondok Pesantren Busra Chalid Palangka Raya, 2024.
Muhammad Abdul Qodir Ihsani, Manajemen Program Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Modern Az-Zahra Al Gontory Gunung Tugel Banyumas, 2023.
Wawancara Panitia PSB Asrama Khadijah, Aisyah dan Tahfidz Al-Yumna
https://pondoksyarifuddin.com/
Ibrahim, Hasanudin. Kepemimpinan Lembaga Pendidikan islam pada pondok pesantren.2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isnaini Azizah, Sholichatun Nisyak, Nurul Handana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.