Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu di SMP Negeri 2 Kapuas Barat
DOI:
https://doi.org/10.63822/y3098908Keywords:
Manajemen Mutu Terpadu, Lembaga Pendidikan, Kualitas Pendidikan, Prinsip-Prinsip Manajemen MutuAbstract
Manajemen mutu terpadu (MMT) telah menjadi fokus utama dalam pengelolaan lembaga pendidikan modern untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan dan hasil yang dicapai. Implementasi prinsip-prinsip MMT di lembaga pendidikan bertujuan untuk memastikan bahwa layanan pendidikan yang diberikan memenuhi standar kualitas yang diinginkan oleh pemangku kepentingan, seperti siswa, orang tua, tenaga pengajar, dan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan, tantangan yang dihadapi dalam implementasi, serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan.
References
Amir, Faizal. (2023). "Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Kasus di MTs N 1 Cirebon)." Tanzhimuna, Vol 3 No 1 Juni 2023
Deming, W. E. (2020). The New Economics for Industry, Government, Education. MIT Press.
Hasnadi. (2021). Prinsip Pendekatan Proses Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 5(3), 4145–4151.
Jerome S. Arcaro. (2021). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan di Mts Negeri 6 Banjar Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Management Of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1).
Juran J.M. (2019). Juran’s Quality Handbook (7th ed). McGraw-Hill Education.
Mardian Efendi, dkk. (2024). Mengurai Tantangan Manajemen Mutu Pendidikan MadrasahL Tinjauan dari Input-Proses-Output. Education Leadership, 3(2).
Oakland, J. S. (2022). Total Quality Management and Operational Excellence: Text with Cases (5th ed.). Routledge.
Sallis, E. (2021). Total Quality Management in Education (4th ed.). Routledge.
Supriyanto S. (2018). Penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di sekolah-sekolah Indonesia. Jurnal Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.1234/jp.v34i2.5678
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suwelda, Siminto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.