Kebijakan Pendidikan dan Advokasi: Membangun Sinergi antara Dinas Pendidikan dan Masyarakat di Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.63822/f28ett10Keywords:
Kebijakan Pendidikan, Advokasi, Sinergi, Dinas Pendidikan, masyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan model sinergi antara Dinas Pendidikan Kota Gorontalo dengan berbagai elemen masyarakat dalam perumusan kebijakan pendidikan dan upaya advokasi. Kualitas pendidikan adalah tanggung jawab bersama, dan keberhasilan implementasi kebijakan sangat bergantung pada partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji bagaimana mekanisme komunikasi, konsultasi publik, dan kolaborasi program dijalankan untuk mencapai tujuan pendidikan yang inklusif dan merata di Kota Gorontalo. Temuan diharapkan memberikan rekomendasi strategis untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan sektor pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif dan adaptif terhadap kebutuhan lokal.
References
Arnstein, S. R. (1969). A ladder of citizen participation. Journal of the American Institute of Planners, , 35(4), 216-224.
Barker, R. T. (1998). The Synergistic Leader: Creating a Self-Organizing Culture. . Crisp Publications.
Bray, M., & Thomas, R. M. . (1995). Levels of comparison in educational studies: Different insights from different literatures and the value of multilevel analyses. . Harvard Educational Review, , 65(3), 472-490.
Cohen, J. M., & Uphoff, N. T. . (1980). Rural development participation: Concepts and measures for project design, implementation and evaluation. Rural Development Monograph No. 2. . Cornell University.
Easton, D. (1965). A Systems Analysis of Political Life. John Wiley & Sons.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Ariandini Tabo, Dwi Alfatun Maksum, Mira Pantuko, Syavira Amelia Saleh, Sintia Ruhban, Ni Putu Indah Indriani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.