Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Mathigon
DOI:
https://doi.org/10.63822/s0amny98Keywords:
Kemampuan Penalaran Matematis, Minat Belajar, Problem Based Learning, MathigonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan model Problem-Based Learning berbantuan Mathigon terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar siswa dengan model Problem-Based Learning berbantuan Mathigon. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, posttest, dan angket. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji z. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh hasil bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol dengan ???? ℎ???????????????????? = 1,884. Selain itu, hasil uji perbedaan dua proporsi menunjukkan bahwa proporsi hasil tes kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol dengan ???? ℎ???????????????????? = 1,947. Hasil tersebut menunjukkan bahwa implementasi model Problem-Based Learning berbantuan Mathigon berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data angket minat belajar siswa diketahui bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
References
Achru, A. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN.
Amidi. (2024). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 998–1004. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Artiyana, D. U. (2023). ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG EFEKTIF, HEMAT DAN ASYIK DENGAN APLIKASI MATHIGON. https://id.mathigon.org/
Bourassa, M. (2020). Technology Corner : Mathigon. Gazette-Ontario Association for Mathematics, 58(3)(Technology Corner : Mathigon), 9–12.
Fadlilah, D. R., & Herlanti, Y. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA DI JABODETABEK DITINJAU DARI STANDAR PROSES. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 15(2), 67–86. https://doi.org/10.24832/jpkp.v15i1.527
Hadi, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa MA Dengan Metode Problem-Based Learning. JIGE, 2(1), 70–73. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige
Hafriani. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). In Jurnal Ilmiah Didaktika (Vol. 22, Issue 1).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, VII (3): 5-11.
Ikasari, D., & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5882
Lestari, A., Anwar, C., Firdos Santosa, H., & Sudiana, R. (2021). PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA (STUDI KORELASI SISWA SMA SE-KOTA SERANG). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.497-506
Mustakim. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 2, Issue 1). Online. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics.
PISA. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika (Vol. 14). Hikmatul Khusna.
Ramadianti, S. A., & Jumri, W. (2023). Efektivitas Penggunaan Soal Penalaran Matematis Pada Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Kemampuan Penalaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 363–370. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.363-370
Richardo, E. Y., & Kholifah, S. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR MELALUI GAME EDUKASI WORDWALL. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, 6(2), 161–169.
Sartika, Ma’rufi, & Sukmawati. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 2 LUWU. Jurnal Pendidikan Matematika, https://e-journal.my.id/pedagogy/issue/view/131. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5251
Septian, A., & Komala, E. (2019). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP: Vol. VIII (Issue 1). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Sholihah, U., & Listanti, A. (2022). Analyzing students’ mathematical reasoning from the perspective of learning interest. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 15(2). https://doi.org/10.20414/betajtm.v15i2.535
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suparman, S., Jupri, A., Musdi, E., Amalita, N., Tamur, M., & Chen, J. (2021). Male and female students’ mathematical reasoning skills in solving trigonometry problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 34–52. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.441
Syaputra, D. A., Mulyono, & Hasratuddin. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 721–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1225
Yuliani, D. (2021). Students’ Mathematics Reasoning Ability Reviewing from Learning Interest of Students at SMPN 16 Pekanbaru Article history. Journal of Research on Mathematical Instruction, 2(2), 62–75. http://jrmi.ejournal.unri.ac.id
Zakaria, A., & Amidi, A. (2020). Mathematical reasoning ability based on students anxiety in STAD learning with performance assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(1), 61–65. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i1.38101
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmawati Kusuma Wardani, Amidi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.