Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Teorema Green: Studi Kualitatif Terhadap Aspek Visual dan Konseptual
DOI:
https://doi.org/10.63822/9m4ppm92Keywords:
Teorema Green, integral lipat dua, kesulitan belajar, visualisasi, matematikaAbstract
Pemahaman terhadap Teorema Green dalam kalkulus vektor memerlukan kemampuan konseptual dan visualisasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam memahami Teorema Green dari dua aspek tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap tiga mahasiswa yang telah mempelajari materi terkait. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami hambatan dalam memahami operasi integral vektor, menentukan batas integral pada kurva tertutup, serta menggambarkan orientasi kurva dan daerah. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran berbasis visual dan konseptual untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi integral tingkat lanjut.
References
Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19
Kusuma, R. V., & Wasqita, R. (2023). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Pada Integral Lipat Dua Berdasarkan Newmann’S Error Analysis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 219–232. https://doi.org/10.24127/emteka.v4i2.3907
Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181
Supriadi, A. (2021). Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG INTEGRAL LIPAT DUA BERDASARKAN TEORI APOS. 2021, 4(1), 55–63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ghefira Tasya, Sahiratul ‘Ula, Suci Wulandari Amidar, Suci Dahlya Narpila (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.