Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Teorema Green: Studi Kualitatif Terhadap Aspek Visual dan Konseptual

Authors

  • Ghefira Tasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Sahiratul ‘Ula Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Suci Wulandari Amidar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Suci Dahlya Narpila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/9m4ppm92

Keywords:

Teorema Green, integral lipat dua, kesulitan belajar, visualisasi, matematika

Abstract

Pemahaman terhadap Teorema Green dalam kalkulus vektor memerlukan kemampuan konseptual dan visualisasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam memahami Teorema Green dari dua aspek tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap tiga mahasiswa yang telah mempelajari materi terkait. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami hambatan dalam memahami operasi integral vektor, menentukan batas integral pada kurva tertutup, serta menggambarkan orientasi kurva dan daerah. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran berbasis visual dan konseptual untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi integral tingkat lanjut.

References

Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19

Kusuma, R. V., & Wasqita, R. (2023). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Pada Integral Lipat Dua Berdasarkan Newmann’S Error Analysis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 219–232. https://doi.org/10.24127/emteka.v4i2.3907

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Supriadi, A. (2021). Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG INTEGRAL LIPAT DUA BERDASARKAN TEORI APOS. 2021, 4(1), 55–63.

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

Ghefira Tasya, Sahiratul ‘Ula, Suci Wulandari Amidar, & Suci Dahlya Narpila. (2025). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Teorema Green: Studi Kualitatif Terhadap Aspek Visual dan Konseptual. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(1), 179-182. https://doi.org/10.63822/9m4ppm92