Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Divergensi dan Curl
DOI:
https://doi.org/10.63822/qshhmx17Keywords:
kalkulus vektor, divergence, Curl, kesulitan belajar, pembelajaran kolaboratifAbstract
Konsep divergence dan curl dalam kalkulus vektor merupakan materi kompleks yang sering menjadi sumber kesulitan bagi mahasiswa. Hambatan utama terletak pada lemahnya pemahaman konseptual dan keterbatasan dalam memvisualisasikan bentuk tiga dimensi konsep tersebut. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam mengaitkan rumus dengan fenomena fisik seperti medan magnet dan aliran fluida.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep divergence dan curl serta strategi yang digunakan dalam menyampaikan materi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap kelompok mahasiswa pasca-presentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi pembagian tugas membantu pendalaman materi namun memunculkan variasi pemahaman antaranggota. Ketiadaan media visual memperberat kesulitan dalam memahami curl. Faktor psikologis seperti math anxiety dan kemampuan berpikir divergen yang rendah turut memengaruhi pemahaman. Proses presentasi terbukti meningkatkan pemahaman melalui eksplorasi aktif. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran kolaboratif dan media visual dalam mengoptimalkan pemahaman konsep abstrak.
References
Abidin, Z., & Jarmita, N. (2020). Studentsâ€TM Intuition of Field Independent and Field Dependent in Solving Divergence Mathematical Problem. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 223–235. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.26804
Adi Widodo, S. (2013). ANALISIS KESALAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH DIVERGENSI TIPE MEMBUKTIKAN PADA MAHASISWA MATEMATIKA.
Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATAKULIAH ANALISIS VEKTOR. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222.
Dwi Susandi, A. (2023). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Article History | Desain LKM Materi Gradien, Divergensi, dan Curl untuk Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. 6(1), 27–36. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika
Hasanah, S. R., & Abdussakir, D. (2024). Kemampuan Berpikir Divergen Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Barisan dan Deret Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Analisa, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/ja.v10i1.32597
Izzati, G. N., & Waluya -Zaenuri, -S B. (2021). 70 Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. In Jurnal PRIMATIKA (Vol. 10, Issue 2).
Yuwandira, S., & Efriani, A. (2025). Tahun 2025 PEMBUKTIAN TEOREMA DIVERGENSI GAUSS MENGGUNAKAN OBJEK BOLA VOLI. MATHunesa Jurnal Ilmiah Matematika, Volume 13 No 01.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Dahlya Narpila, Siti Aisyah Sinaga, Umairoh Risa Aulia, Indah Fitriani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.