Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Konsep Integral Garis pada Kalkulus Vektor
DOI:
https://doi.org/10.63822/dsnkj807Keywords:
kalkulus vektor, integral garis, kesulitan belajar, mahasiswaAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep dasar integral garis pada mata kuliah Kalkulus Vektor, khususnya dalam konteks usaha atau kerja dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami parameterisasi lintasan dan proses integrasi fungsi vektor. Selain itu, topik seperti Teorema Green juga menimbulkan kesulitan akibat minimnya pemahaman spasial dan visualisasi. Mahasiswa mengandalkan pembelajaran mandiri seperti menonton video di YouTube dan kerja kelompok untuk membantu pemahaman. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih visual dan kontekstual.
References
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Purwanto. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Suryanto, E. (2015). Inovasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gadis Aulia, Mariani Harahap, Khairunnisa Harahap, Suci Dahlya Narpila (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.