Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Konsep Integral Garis pada Kalkulus Vektor

Authors

  • Gadis Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Mariani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Khairunnisa Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Suci Dahlya Narpila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/dsnkj807

Keywords:

kalkulus vektor, integral garis, kesulitan belajar, mahasiswa

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep dasar integral garis pada mata kuliah Kalkulus Vektor, khususnya dalam konteks usaha atau kerja dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami parameterisasi lintasan dan proses integrasi fungsi vektor. Selain itu, topik seperti Teorema Green juga menimbulkan kesulitan akibat minimnya pemahaman spasial dan visualisasi. Mahasiswa mengandalkan pembelajaran mandiri seperti menonton video di YouTube dan kerja kelompok untuk membantu pemahaman. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih visual dan kontekstual.

References

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Purwanto. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suryanto, E. (2015). Inovasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

Gadis Aulia, Mariani Harahap, Khairunnisa Harahap, & Suci Dahlya Narpila. (2025). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Konsep Integral Garis pada Kalkulus Vektor. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(1), 159-162. https://doi.org/10.63822/dsnkj807