Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga Pendidikan SD Kelas 1 di Indonesia: Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.63822/ehadmr04Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, pendidikan dasar , strategi instruksional, studi literaturAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis praktik pembelajaran berdiferensiasi di kelas 1 sekolah dasar di Indonesia melalui pendekatan studi literatur. Pembelajaran berdiferensiasi penting untuk mengakomodasi variasi kesiapan, minat, dan profil belajar siswa usia dini. Dengan metode kajian kualitatif berbasis literatur, artikel ini mensintesis temuan dari sumber nasional dan internasional yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi bergantung pada pelatihan guru yang memadai, fleksibilitas kurikulum, dan dukungan kepemimpinan sekolah. Namun, tantangan seperti keterbatasan kompetensi guru dan jumlah siswa yang besar masih menjadi kendala utama di kelas-kelas Indonesia. Studi ini merekomendasikan pengembangan profesional berkelanjutan dan dukungan kebijakan untuk mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi di jenjang sekolah dasar awal.
References
Azzahra, K. R. (2022). Differentiated instruction in English lessons: Teacher challenges. Jurnal Basicedu, 8(4), 2100–2106.
Devi Anom Sari, I. G. A., Riastini, P. N., & Margunayasa, I. G. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD (kelas I dan IV) pada Kurikulum Merdeka. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3), 142–155.
Dorisno, A., Susanto, S., & Hidayat, R. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SD. Tarbiyah Al-Awlad, 4(1), 88–96.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(2), 1002–1010.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 112–120.
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi mengajar guru dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 459–466.
Marlina, T., & Suryani, E. (2023). Tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–56.
Ningsih, R., & Kusumawati, S. (2020). Profil belajar siswa kelas awal dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 201–210.
Nuraini, F., Pangestika, R. R., & Nurhidayati. (2025). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi pengurangan kelas 1 di SDN Sutoragan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 21–30.
Nuraini, N., & Ramadan, Z. H. (2024). Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di kelas satu sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 11–21.
Pratiwi, L. (2023). Peran kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran berdiferensiasi di SD. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(2), 45–53.
Rahmawati, R., Purwoko, R. Y., & Khaq, M. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Matematika di SD. Jurnal Basicedu, 8(6), 5400–5410.
Riany, T. V. D., Harsadi, D., Sari, W. B., & Dewi, Y. C. (2024). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar baca-tulis di kelas 1 SD. Journal of Language Literature and Arts, 4(10), 1051–1060.
Sari, A. S., Miyono, N., & Rahayu, L. P. (2024). Analisis gaya belajar peserta didik untuk mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi kelas 1 SD. Innovative: Jurnal Social Science Research, 4(2), 2778–2788.
Sulistyo Putri, N. M., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPS SD. Jurnal Penelitian PGSD, 10(2), 133–142.
Suprayogi, M. N., Sulaeman, B., & Baydhowi, B. (2022). Differentiated instruction implementation: A survey study among elementary school teachers in Indonesia. Atlantis Press (TICASH).
Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.
Widayati, T. U., Hadiyanto, & Indryani. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi di SD dengan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Basicedu, 8(6), 5180–5190.
Wahyuni, E. (2022, 10 November). Pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/pendidikan/pembelajaran-berdiferensiasi
Wulandari, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi solusi pembelajaran dalam keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 201–209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riefli Fatmi, Keni Sandra, Fira Fania, Merry Siska, Demina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

