Eksplorasi Dinamika Organisasional dan Tantangan Struktural dalam Pengelolaan Jenis Usaha Jasa: Laundry Time Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.63822/2xq86219Keywords:
Laundry, Manajemen SDM, UMKMAbstract
Laundry Time merupakan usaha jasa pencucian pakaian yang cukup dikenal di kalangan mahasiswa Surabaya. Sejak berdiri tahun 2017, usaha ini berkembang dari tiga menjadi enam cabang aktif. Dengan cakupan pasar yang luas, harga kompetitif, layanan antar-jemput yang responsif, dan kualitas pencucian yang baik, Laundry Time menjadi pilihan utama pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan operasional, dengan fokus pada aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara semi-struktural bersama pengelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laundry Time tidak hanya melayani individu, tetapi juga bermitra dengan hotel dan pelaku bisnis. Meski memiliki diversifikasi pelanggan sebagai kekuatan, kendala tetap muncul, khususnya pada aspek keuangan, operasional, pemasaran, dan SDM. Permasalahan SDM menjadi sorotan utama karena mempengaruhi efektivitas layanan. Oleh sebab itu, strategi pengelolaan SDM yang adaptif dan terstruktur sangat dibutuhkan guna mempertahankan daya saing usaha
References
Firman, A. (2023). Knowledge management implementation and human resource development on employee performance. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 221–234. https://doi.org/10.33096/jmb.v10i1.511
Gilbert, L., & Stagnol, L. (2022). In employees we trust: Employee fraud in small businesses. Journal of Management Control, 33(2). https://doi.org/10.1007/s00187-021-00320-5
Susilowati, C., & Barinta, D. D. (2024). The influence of knowledge management and green innovation on the environmental performance of MSMEs in Malang city: A study of the laundry sector. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 45–60. http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/view/661
Lee, S. H., & Lee, J. (2021). Cases of employee theft in the hospitality industry: An exploratory study into deviant behaviour in the service encounter. Journal of Hospitality & Tourism Cases, 9(2), 12–22. https://doi.org/10.1080/joshtc.2021.123456
Ayoko, O. B. (2021). SMEs, innovation and human resource management. Journal of Management & Organization, 27(1), 1–5. https://doi.org/10.1017/jmo.2020.38
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisatul Maghfiroh, Fatima Dhita Azzahra Calista, Nadia Shofiana Nabila, M. Atria Aqila, Sherrina Oktaviani, Amirah Afra Nuha Hartono, Tiara Nathaniela Putri, Tommy Hani Tria Putra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.