Pengaruh Kualitas Produk, Pembelian Implusif, dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Merek Samsung di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.63822/sdf0a155Keywords:
kualitas produk, pembelian impulsif, electronic word of mouth, keputusan pembelian, kota BandungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, pembelian impulsif, dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung di Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kondisi pasar lokal yang menunjukkan bahwa meskipun Samsung mendominasi pasar global, merek ini justru mengalami penurunan pangsa pasar di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 135 responden yang memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, pembelian impulsif, dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Variabel pembelian impulsif memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen.
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271
Agustianti, A. P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jimeis, 2(April), 88–97. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimeis/index
Aloysius Rangga Aditya Nalendra, Slamet Heri Winarno, Susanti, I. D., & Latumahina, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Produksi Tiongkok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Hp Android Xiaomi). Jurnal Mitra Manajemen, 3(12), 1171–1181. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i12.307
Arsyalan, A. G., Nur, D. S., Octavia, A., Rusli, C. A., Mulyandi, M. R. R., Nst, V. F. H., Dewi, N. S., Sudiksa, I. B., Padmawati, N. M., Suasana, I. G. A. K. G., Prayoga, I., Mulyandi, M. R. R., Noviandi, A., Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2019). the Impact of Electronic Word of Mouth on Shopee ’ S Purchasing. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 25–29.
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Elsa Rizki Yulindasari, K. F. (2022). Journal of Islamic Economics and Finance Studies-Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. 3(1), 55–69. https://ejournal.upnvj.ac.id/JIEFeS/article/view/4293%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+e-WoM+%28Electronic+Word+of+Mouth%29+terhadap+Keputusan+Pembelian+Kosmetik+Halal+di+Shopee&btnG=
Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1611
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education.
Jabar Ekspres. (2025). Ternyata merek ini kuasai pasar smartphone di Indonesia, Samsung, Oppo lewat! Jabar Ekspres. https://jabarekspres.com/berita/2025/03/06/ternyata-merek-ini-kuasai-pasar-smartphone-di-indonesia-samsung-oppo-lewat/. Diakses pada tanggal 14 Maret 2025.
Lotulung, S. C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 817–826.
Maulana, R. P. N., & Supriyono, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian pada Bunga Swalayan Sampang. Jurnal STEI Ekonomi, 30(01), 74–83. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i01.417
Ni Made Dwi Apriastuti, N. P. N. A. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word of Mouth (Ewom)Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. 3.
Putri Chindy Narawati, & Adryan Rachman. (2024). Pengaruh Influncer, Hedonic Shopping Motive, Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Tiktok Shop Di Jabodetabek. MASMAN : Master Manajemen, 2(1), 119–132. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.292
Rini, Y. P., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh Impulse Buying Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Merek Pond’S Di Golden Swalayan Tulungagung. Jurnal Economina, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.48
Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 233–247. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1167
Salzabila Artamevia, Eny Setyariningsih, & Budi Utami. (2022). Pengaruh Price Discount Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Di Wilayah Mojokerto). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 2887–2900. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i11.2876
Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Wiley.
Sudira, I. W., Mananoma, T., & Manalip, H. (2013). Analisis angkutan sedimen pada Sungai Mansahan. Media Engineering, 3(1), 54–57. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jime/article/view/4261
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, I. A. (2024). Lifestyle Dan Variety Seeking Pengaruhnya Terhadap Keputusan Brand
Switching Pengguna Smartphone Samsung Pada Iphone (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Bandung) . Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 21(2), 940–953. https://doi.org/10.33197/jbme.vol21.iss2.2023.2086
Susanti, W., Mardani, Malavia, R., & Normaladewi, Andi. (2023). Pengaruh Impulse Buying, Harga Dan Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019- 2020 di Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1400–1406. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm
Tambun, C., Moniharapon, S., & Kawet, R. C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Indomaret Krida Malalayang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 231–243. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49660
Widianti, I. P., Shintia Dewi, W. R., Achmadhana, S. N., Febri Mubarok, M. I., Putra, Z. I., Irfan, C., & Aril Amrullah, F. (2024). Pengaruh Kelengkapan Produk, Impulse Buying , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kds Bojonegoro. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3(April), 354–361. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.239
Woruntu, A. I. J., Nelwan, O. S., & Lengkong, V. P. K. (2023). PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT . MANDALA FINANCE Tbk , CABANG RATAHAN GLEND M . C . SUALANG , THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E-WOM ), PRICE , AND PRODUCT QUALITY ON PU. 11(2), 335–344.
Wulandari, T. A., Insan, M. I., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Potongan Harga terhadap Pembelian Impulsif Suatu Produk Skincare. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 844–851. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p844-851
Yanuar AR, F., & Hanifah, W. S. (2020). Telaah Penerapan PSAK 45 Dan PSAK 109 Dalam Rekonstruksi Akuntansi Pelaporan Keuangan Masjid. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 4(1), 45–55. https://doi.org/10.46367/jas.v4i1.208
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lawra Ameliyyah, Cen Lu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.