Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Karyawan Baznas Terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia

Authors

  • Mega Purwaningsih Universitas Bina Sarana Infomatika Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/we2bgf57

Keywords:

Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan, Kinerja Karyawan, BAZNAS, Analisis Regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji T, uji F, serta analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,237 > t-tabel 2,011; (2) loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 4,198 > t-tabel 2,011; dan (3) kepuasan kerja serta loyalitas karyawan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, yang ditunjukkan oleh nilai F-hitung sebesar 25,168 lebih besar dari nilai F-tabel 2,80. Dengan demikian, penelitian ini menekankan bahwa peningkatan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara konsisten berkontribusi pada perbaikan kinerja karyawan di BAZNAS RI.

References

Bagas Adhi Pradana, Agung Muhammad Rizky Firmansyah, & Nawang Kalbuana. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Personel Unit PKP-PK. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum Dan Farmasi (JRIKUF), 2(3), 47–61. https://doi.org/10.57213/jrikuf.v2i3.276

Dwira, C. R., & Andriyani, A. (2024). Gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan di ranah organisasi non profit. Diponegoro Journal of Management, 13(3), 1–7. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Masinambow, C. J. R., & Sumual, T. E. M. (2024). Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Menciptakan Lingkungan Kerja yang Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 2, 1713–1724. https://doi.org/10.47747/snfmi.v2i1.2424

Melani, T., & Suhaji. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “YAYASAN PHARMASI” Semarang). Kajian Kuntansi Bisnis, 1(1), 103–128. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20321151&lokasi=lokal

Rini, & Setiawan, H. (2022). Determinan Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Terhadap. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 169–182.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Widianto, F., & Nasution, M. A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Perubahan Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Wuling Di Pt Arista Jaya Lestari Cabang Sm Raja Medan. Journal Economic Management and Business, 1(2), 169–175. https://doi.org/10.46576/jfeb.v1i2.2837

Yuliana, E., & Fadhli, K. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Industri Tenun Dua Thermos. Margin Eco, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.32764/margin.v7i1.3921

Published

2025-09-30

How to Cite

Mega Purwaningsih. (2025). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Karyawan Baznas Terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia. Indonesia Economic Journal, 1(2), 1340-1353. https://doi.org/10.63822/we2bgf57