Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Morfeen di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.63822/404dg576Keywords:
Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Kepuasan PelangganAbstract
Industri kreatif berkembang pesat, termasuk bisnis kaos distro di bidang fashion. UMKM Morfeen di Kota Malang merupakan salah satu brand lokal yang mampu bertahan dalam persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap kepuasan pelanggan UMKM Morfeen.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis explanatory research. Sampel diambil secara purposive sampling melalui kuesioner online kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keragaman produk memberikan kontribusi sebesar 44,4% terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Keragaman produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, kualitas pelayanan dan keragaman produk secara simultan keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. UMKM Morfeen disarankan untuk mempertahankan kualitas pelayanan serta memastikan kenyamanan bagi pelanggan dan meningkatkan variasi produk dalam kategori yang paling banyak dicari.
References
Artawan et al. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Apotek Indra Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar Vol.3 No.3 e-ISSN: 2721-6810.
Azzahra & Priyono. 2023. Informasi KRL Access dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship Vol.5 No.2.
Choirunisa et al. 2023. Pengaruh Kenyamanan, Kualitas Pelayanan, dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Indometro Surya Andola Kota Metro. Jurnal Manajemen Disversifikasi Vol.3 No.1.
Damayanti et al. 2023. Pengaruh Kemasan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc di Bandar Lampung. Economics and Digital Business Review Vol. 4 Issue 2 ISSN: 2774-2563.
Fauzi, F., Dencik, A. B,. & Asiati, D.I. (2019). Metodologi Penelitian Untuk Manajemen Dan Akuntansi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hardani., N.H.A., Helmina.A., Roushandy,A.F., Jumari,U., Evi,F.U., Dhika,J.S., & Ria,R.I. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasmir. 2017. Customer Services Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, Armstrong, Gary., & Opresnik, March Oliver. 2018. Principles of Marketing 17th Edition. United Kingdom: Pearson Educational Limited.
Lesmana, N et al. (2022). Manajemen Pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta.
Marginingsih, R., Susilowati, I., & Widiyanti, W. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Melalui Pelayanan Informasi Pada Aplikasi KRL Acces. Jurnal Ecodemica, 4.
Murniati et al. 2024. The Influence of Product Diversity and Service Quality on Consumer Satisfaction at the Citra Cosmetic Store in Gowa Regency. International Journal of Economic Research and Financial Accounting (IJERFA) Vol.2 No.3 E-ISSN: 2964-1977.
Pasaribu, D et al. 2023. Metodologi Penelitian Akuntansi dan Manajemen Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sari, M. D. 2019. Perilaku Konsumen. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta, Bandung.
Tan & Saputra. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. LKD Multi Industri di Kota Batam. Jurnal Program Studi Manajemen.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi: Yogyakarta.
Yulianti & Baehaqi. 2023. Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan di Pusaka Indah Swalayan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akutansi 5(1).
Wolipop. 2024. “Brand Fashion Lokal Kian Populer di Kalangan Gen Z, Masih Hadapi Tantangan Ini”. https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-7579847/brand-fashion-lokal-kian-populer-di-kalangan-gen-z-masih-hadapi-tantangan-ini. (Diakses pada 15 Januari 2025)
Ukmindonesia.id. 2024. “Diminati Kawula Muda, Peluang Bisnis Kaos Distro yang Menjanjikan”. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/diminati-kawula-muda-peluang-bisnis-kaos-distro-yang-menjanjikan. (Diakses pada 15 Januari 2025)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yofianda Harwin Diara, Lina Budiarti, Lina Budiarti, Fullchis Nurtjahjani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.