Pengaruh Online Customer Review dan Viral Marketing Terhadap Impulse Buying Pada Produk Facetology di Beautyby.dsy Sidoarjo

Authors

  • Putri Ayu Wanda Politeknik Negeri Malang Author
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang Author
  • Eko Boedhi Santoso Politeknik Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/dfwg0766

Keywords:

Online Customer Review, Viral Marketing, Impulse Buying, Facetology.

Abstract

Industri skincare yang semakin berkembang menuntut perusahaan untuk tidak hanya mengandalkan kualitas produk, tetapi juga strategi pemasaran digital guna menciptakan dorongan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan viral marketing terhadap impulse buying pada produk Facetology di Beautyby.dsy Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 85 responden ditentukan dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Viral marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Uji simultan membuktikan bahwa kedua variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa online customer review dan viral marketing merupakan strategi penting dalam mendorong perilaku impulse buying konsumen. Rekomendasi yang diberikan adalah memaksimalkan pengelolaan ulasan konsumen dan memperkuat konten viral untuk meningkatkan terjadinya pembelian secara spontan oleh konsumen.

 

References

Depari, G. S., & Ginting, N. (2022). The Influence Of Online Customer Review And Perceived Quality Toward Customer Purchase Decision At Lazada Online Retail Company. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 35.

Kafi, R. W. A. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Fear Of Missing Out (FoMO), Dan Brand Image Terhadap Impulsive Buying Pada Produk Skincare Avoskin (Doctoral dissertation, Universitas Satya Negara Indonesia).

Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The Role of Viral Marketing in Social Media on Brand Recognition and Preference. Emerging Science Journal, 857.

Putri, I. A., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Influencer Dan Online Customer Review Terhadap Pembelian Impulsif Pada Produk Kosmetik Halal Di Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Edunomika, 9.

Statista. Kecantikan dan Perawatan Diri – Indonesia. Diakses pada 24 Februari 2025. https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/indonesia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Safitri, K., & Widiati, E. (2022). Pengaruh online customer review, rating, dan kepercayaan terhadap niat beli konsumen pada aplikasi tokopedia. Jurnal MANAJERIAL, 21(2), 153-160.

Yahmini, E. (2020). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Journal of Research in Business and Economics, 49.

Published

2025-08-24

How to Cite

Putri Ayu Wanda, Ita Rifiani Permatasari, & Eko Boedhi Santoso. (2025). Pengaruh Online Customer Review dan Viral Marketing Terhadap Impulse Buying Pada Produk Facetology di Beautyby.dsy Sidoarjo. Indonesia Economic Journal, 1(2), 1135-1144. https://doi.org/10.63822/dfwg0766