Pengaruh Pick Up Service dan Reputasi Perusahaan terhadap Retention Nasabah dimediasi melalui Kepuasan Nasabah Bank BKC (Studi pada Perumda BPR Kabupaten Cirebon)

Authors

  • Jodi Setiawan Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Badawi Badawi Universitas Muhammadiyah Cirebon Author
  • Citra Faathir Widiana Universitas Muhammadiyah Cirebon Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/qdmnra02

Keywords:

Pick Up Service , Reputasi Perusahaan, Retention Nasabah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial antara pick up service dan reputasi perusahaan terhadap retention nasabah, serta untuk mengetahui peran kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi pada Bank BKC. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat studi kasus dan pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah para nasabah Tabungan Anak Sekolah (TANAS) Bank BKC yang berjumlah 648. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan parsiaal antara pick up service dan reputasi perusahaan terhadap retention nasabah, serta kepuasan nasabah terbukti berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara pick up service dan reputasi perusahaan terhadap retention nasabah.

References

Amanda Putra, B., & Toto Raharjo, S. (2022). Pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan reputasi perusahaan terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pada bengkel alex ac mobil semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Menulis Skripsi dan Tugas Akhir. 4–5.

Eviyani, Kamaluddin, L. A., & Ridwan. (2023). Pengaruh Logistic Service Quality, Reputasi Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Jasa Prima Logistik Bulog. Cendekia Akademika Indonesia (CAI), 2(4), 498–512. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/view/4489%0Ahttps://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/download/4489/2466

Fitri, S. (2021). Implementasi Layanan Pick up service Nasabah Pembiayaan Pada BMT Al-Makmur. J-Mabisya, 2(1), 27–34.

Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANAL ISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ». Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, M. H., Hasanah, K., & Rafiqi, I. (2023). The Effect of Pick-up Service Savings on Customer Loyalty of BPRS Bhakti Sumekar Pragaan Branch Office Moderated Customer Satisfaction. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(1), 38–52. https://doi.org/10.30736/jes.v8i1.443

Husnah, N. (2023). Pengaruh Layanan Prima dan Reputasi Bank Terhadap Kepercayaan Nasabah (Bank Syariah Indonesia KCP Balikpapan Sepinggan). INASJIF Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance, 1(2), 207–222.

Irawan, A. C., & Tjahjaningsih, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya pada Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Syariah Mandiri Cabang Kendal). Manajemen, 13(9), 1–12.

Jannah, R., Ismayli, ), & Fakhrurrazi, ). (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan Terhadap Pada Pizza Lokal (Pentiez Pizza) Di Yogyakarta. Manajemen & Bisnis, 1(2), 29–44.

Marsha, D. (2020). Dampak mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh promosi dan kualitas layanan elektronik terhadap minat beli ulang makanan melalui jasa gojek di kota malang. Journal GEEJ, 7(2), 51–65.

Nursaadawiyah, S. H. N., Suherman, A., & Martaseli, E. (2024). Effect of Pick Up Delivery and Cash On Delivery Through Customer Satisfaction on Company Revenue (Case Study of Goods Delivery Services in Sukabumi City). Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 6(2), 305–316. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v6i2.3086

Nursaadawiyah, S. H., Suherman, A., & Martaseli, E. (2024). The Effect of Pick Up Delivery and Cash On Delivery Through Customer Satisfaction on Company Revenue ( Case Study of Goods Delivery Services in Sukabumi City ). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 6(2), 305–316.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). Dampak mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh promosi dan kualitas layanan elektronik terhadap minat beli ulang makanan melalui jasa gojek di kota malang. Journal GEEJ, 7(2), 51–65.

Pratiwi, R., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi (AMBITEK), 1(2), 118–131. https://doi.org/10.56870/ambitek.v1i2.13

Putri, A. N. R., & Rahayu, Y. S. (2023). Customer Retention Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 241–251.

Sugiyono. (2023a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Proceedings of the National Academy of Sciences. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

Sugiyono, P. D. (2023b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Utama, A. P., & Murti, T. R. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79–86.

Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24.

Published

2025-08-12

How to Cite

Jodi Setiawan, Badawi, B., & Citra Faathir Widiana. (2025). Pengaruh Pick Up Service dan Reputasi Perusahaan terhadap Retention Nasabah dimediasi melalui Kepuasan Nasabah Bank BKC (Studi pada Perumda BPR Kabupaten Cirebon). Indonesia Economic Journal, 1(2), 1006-1020. https://doi.org/10.63822/qdmnra02