Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Semen Tiga Roda pada PT. Mega Bangunan Sukses
DOI:
https://doi.org/10.63822/1na84w54Keywords:
Saluran Distribusi, Harga, Keputusan Pembelian, Semen Tiga RodaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh saluran distribusi dan harga terhadap keputusan pembelian semen Tiga Roda pada PT. Mega Bangunan Sukses. Dilatar belakangi pentingnya manajemen saluran distribusi dan strategi harga yang efektif dalam persaingan bisnis material bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dari sampel pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh toko bangunan atau konsumen PT. Mega Bangunan Sukses tahun 2024/2025 sejumlah 67 toko bangunan atau konsumen PT. Mega Bangunan Sukses. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, variabel saluran distribusi terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, namun arah pengaruhnya negatif. Secara simultan, analisis regresi menunjukkan bahwa variabel saluran distribusi dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa perbaikan pada efisiensi saluran distribusi dan penetapan harga yang kompetitif secara langsung dapat meningkatkan minat beli konsumen.
References
Afifi, F. F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 481. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.350
Agustin, N., & Darmawan, D. (2025). PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BAHAN MASAKAN. Inovasi dan Kreativitas dalam Ekonomi, 7(3), 72–78.
Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANAL ISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ». Badan Penernit Universitas Diponegoro.
Nugroho, A., & Soliha, E. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Celebrity Endorsement. Jesya, 7(1), 226–242. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1348
Ololube, N. P. (2023). Proceedings of the 3rd International Conference on Institutional Leadership and Capacity Building in Africa Handbook of Research on Institutional Leadership, Policy and Management View project (Nomor September). https://www.researchgate.net/publication/373362421
Rahayu Ria R, Roswaty, & Try Wulandari. (2024). Pembelian Pupuk Non Subsidi Pt Rudi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7, 5500–5511.
Stevanie, V., Johnny A. F, & Olivia C. (2022). Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pabrik Tahu Mbak Sul Karombasan Utara Kota Manado. Productivity, 3(1), 86–90.
Syahidin, W. N., & Kurniawati, O. (2024). Pengaruh Saluran Distribusi , Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Alat Kesehatan Merek Human pada PT . Media Diagnostika Surabaya. 7(2), 420–428.
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International journal of medical education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd
Tommy Febriyanto, & Diana Ambarwati. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Nanas Segar Studi Kasus Konsumen PT Putra Jaya Nanas Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, dan Pajak, 1(2), 175–184. https://doi.org/10.61132/jbep.v1i2.166
Trisnawati1, & Nur, K. (2023). Pengaruh Harga Jual dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Hisana Fried Chicken Ketanggungan The Effect of Selling Price and Promotion on Purchasing Decisions on Hisana Fried Chicken Liability. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(1), 38–43.
Yesi S, R. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 578–585.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bima ‘Ainul Ghurri, Pebi Kurniawan, Tedi Kustandi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



