Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction pada Seblak Rest Area Bantenan
DOI:
https://doi.org/10.63822/43g7rt35Keywords:
Kualitas Produk, E Service Quality, E-Customer SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kualitas produk dan kualitas layanan digital memengaruhi kepuasan pelanggan secara daring pada konsumen Seblak Rest Area Bantenan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah seluruh pelanggan dari Seblak Rest Area Bantenan, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebagai alat utama untuk memperoleh data primer. Variabel dalam studi ini terdiri dari Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Elektronik sebagai variabel bebas, serta Kepuasan Pelanggan Digital sebagai variabel terikat. Analisis data dilakukan menggunakan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Kualitas Produk maupun Kualitas Layanan Elektronik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Digital, baik secara parsial maupun simultan.
References
Abi, Yudi Irawan. 2020. “Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu.” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 15(1): 95–107. doi:10.33369/insight.15.1.95-107.
Andayani, Triya, Nursaban Rommy, Nofal Nur, Aidin Hudani Awasinombu, and Juharsah Juharsah. 2021. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP E-LOYALTY (STUDI PADA NASABAH BANK NEGARA INDONESIA (BNI) PENGGUNA MOBILE BANKING).” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 13(2): 164. doi:10.55598/jmk.v13i2.23324.
Ardiansyah, Arjun, and Pontjo Bambang Mahargiono. 2021. “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pontjo Bambang Mahargiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.” Jurnal Ilmu dan RIset Manajemen 10(2): 1–18. file:///C:/Users/user/Downloads/3924-Article Text-14476-1-10-20210624.pdf.
Dewi, Ni Putu Karunia, and Abdul Haeba Ramli. 2023. “E-Service Quality, E-Trust Dan E-Customer Satisfaction Pada E-Customer Loyalty Dari Penggunaan E-Wallet OVO.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 11(2): 321–38. doi:10.37641/jimkes.v11i2.2000.
Dharmawan, Dwiky, and Eman Sulaeman. 2023. “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap E-Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Dompet Digital OVO).” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(9): 186–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.7939529.
Elkhani, Naeimeh, and Aryati Bakri. 2012. “Review on " Expectancy Disconfirmation Theory " (EDT) Model in B2C e-Commerce.” Journal of Information Systems Research & Innovation: 95–102. https://seminar.utmspace.edu.my/jisri/download/F_FinalPublished/Pub12_ExpectancyDisconfirmationTheory_inB2C_eCommerce_amend.pdf.
Ghozali. 2021. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 26.
Hesti Ristanto, Galuh Aditya, and Catur. 2021. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang).” JBE Jurnal Bingkai Ekonomi 6(2): 1–11. http://itbsemarang.ac.id/jbe/index.php/jbe33.
Jayaputra, Ricky, and Sesilya Kempa. 2022. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD.” 10(1). https://media.neliti.com/media/publications/358421-pengaruh-e-service-quality-dan-e-trust-t-cdedbbb5.pdf.
Kafifah, Nissa’ul, and Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti. 2023. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Sembako Sumber Mulya Gondang.” Jurnal Economina 2(10): 2898–2908. doi:10.55681/economina.v2i10.912.
Mangare, Injilia, Rudy S. Wenas, and Mirah Rogi. 2023. “Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Sonder Indah.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 11(3): 244–53. doi:10.35794/emba.v11i3.49659.
Manggala and Adirinekso, 2022. 2022. “Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Shaburi Kelapa Gading ).” Jurnal Manajemen 19(1): 39–53.
Napitu et al. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Miyukie Florist Pematangsiantar.” Jurnal Ekonomi Integra 12(2): 154–65. http://journal.stieip.ac.id/index.php/iga.
Nurmanah, Nugroho et. al. 2021. “PENGARUH QUALITY PRODUCT, SERVICE QUALITY, Dan E-WOMTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI SEBLAK MAKJAH CABANG NGRONGGO KOTA KEDIRI.” 3(1).
Permatasari, Marhaendra and. 2022. “Pengaruh E-Service Quality Dan e-Trust Terhadap e-Customer Satisfaction Pada Pengguna Aplikasi BRImo.” Jurnal Aplikasi Bisnis 8(1): 19–24.
Qona’ah, Siti. 2020. “Modul Dasar Dasar Manaje.” Modul Dasar Dasar Manajemen: 1–147.
Rachman, Raditya, and Rifda Fitrianty. 2022. “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawanpada PT. Agnes Sugi Makmur Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(2011): 2239–49. file:///C:/Users/user/Downloads/putrihana99,+2239-2249.pdf.
Rakasiwie, Bayu, and Sri Rejeki Ekasasi. 2021. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENJUAL ONLINE PADA SITUS BUKALAPAK . COM.” 2(2): 173–84.
Rosdiani, Nenti, and Angga Hidayat. 2020. “Pengaruh Derivatif Keuangan, Konservatisme Akuntansi Dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Penghindaran Pajak.” Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review 1(2): 131–43. doi:10.37195/jtebr.v1i2.43.
Safitri et al. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Sofyan Frozen.” Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management 2(2): 470–78. doi:10.53363/buss.v2i2.99.
Samroh et al. 2023. 2 Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Pengantar Manajemen.
Sholihah, et al. 2023. “Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda.” Jurnal Riset Akuntansi Soedirman 2(2): 102–10. doi:10.32424/1.jras.2023.2.2.10792.
Sinurat, et. al. 2024. “Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, E-Customer Satisfaction Terhadap E-Customer Loyalty Pada Marketplace Shopee.” Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen 5(3): 80–102. doi:10.52005/bisnisman.v5i3.199.
Soegihartono. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tahu Bakso Khanza Lana Semarang Timur).” Jurnal Ilmiah Akuntansi. file:///C:/Users/user/Downloads/akutansi45+vol+3+no.+1+mei+2022+hal+214-231.pdf.
Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF.
Wahyuningsih, Latifah and. 2023. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap E-Customer Loyalty (Studi Pada Pengguna Aplikasi BRImo Mahasiswa Aktif Program Studi S1 Manajemen UPN ‘Veteran’ Yogyakarta) Tri Wahyuningsih.” 11(1).
Yanto and Anjarsari. 2021. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Toko Online Shopee).” Jurnal Bisnis dan Pemasaran 11(1): 1–13.
Zeithaml, Parasuraman, dan Malhotra. 2019. “ES-QUAL: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality.” Journal of service research 7(3): 213–33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Azhari Apriliya, Pebi Kurniawan, Ali Jufri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.