Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Skincare SKIN1004 melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Desvita Setyanie Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Christophorus Indra Wahyu Putra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Adi Wibowo Noor Fikri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/6h23g242

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk  terhadap loyalitas pelanggan pada skincare SKIN1004 melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dekskrptif dengan metode kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 reponden, dengan responden utama mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa variabel yang memiliki pengaruh signifikan dan lainnya tidak, sebagaimana dijelaskan di bawah ini: Brand Image dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh positif tetapi tidak ignifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Brand Image dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan.

References

Aditya. (2020). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: the Art of Branding, January.

Aditya Wardhana. (2020). Brand image. In New Scientist (Vol. 165, Nomor 2229). https://doi.org/10.5040/9781501365287.280

Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214

Asiva Noor Rachmayani. (2015). buku loyalitas dan kepuasan.

Candani, A. M. K. M., & Yuniardi Rusdianto. (2023). Factors That Influence Brand Loyalty In Skintific Consumers. Jurnal Manajemen, 14(2), 249–263. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jm-uika.v14i2.14178

Dasril, J. D. M., & Sumadi. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Coffee Shop Janji Jiwa di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 996–1008. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13018

Dava Tri Agutama Bachtiar, Ariati Anomsari, Amalia Nur Chasanah, I. F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan “Ada Swalayan” Siliwangi Semarang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 1054–1069.

Fajar, Yulasmi, & Suryadi, D. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Upi). Jurnal Perilaku Bisnis Kontemporer, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.62769/095b2560

Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Leke, R. M., Welsa, H., & Cahya, A. D. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Goreng dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 352. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1007

Liana, Y., Putri, I., Djafri, T., & Priyo, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 77–85. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1866

Madjowa, I. S., Levyda, L., & Abdullah, S. (2023). Tingkat Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Melalui Variabel Moderating Kepuasan Konsumen. Jesya, 6(1), 184–193. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.909

Mardian, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiomi Pada Duta Cell Bima. Manajemen Dewantara, 5(1), 78–92. https://doi.org/10.26460/md.v5i1.9651

Masnun, S., Makhdalena, M., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280

Muazaroh, N., Febriansah, R. E., & Indayani, L. (2024). Ekonomis : Journal of Economics and Business Pengaruh Harga , Kualitas Produk , dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Mie Setan Prigen Pasuruan. 8(2), 1832–1839. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1775

Munfaqiroh, S., Sandy Agung, A. M., & Priyo Sugiharto, D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 292–300. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.765

Nauly, C., & Saryadi, S. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 974–983. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.28800

Rahman, F. A., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Seagai Variabel Intervening Konsumen Mie Sedaap Di Kabupaten Batang. 13(2), 302–309. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2024.41218

Saipuloh, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4441–4455. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/view/2175/1779

Saputri, A. I., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357

Sari, F. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan terhadap Produk MS Glow di Kabupaten Tebo. 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.54066/jurma.v2i4.2671

Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072

Setiawan, H., Firdiansjah, A., & Darsono, J. T. (2019). Effect of house prices, product quality on customer loyalty through customer satisfaction in housing Permata Royal Garden Malang. Management and Economics Journal (MEC-J), 3(2), 142. https://doi.org/10.18860/mec-j.v3i2.5960

Syah, A. B., Prihatini, A. E., & Pinem, R. J. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen pada Layanan Video Streaming Digital Viu. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 532–539. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35418

Widodo, R. C., & Rachma, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Samsung di FEB Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(10), 71–82. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13770

Published

2025-07-30

How to Cite

Desvita Setyanie, Christophorus Indra Wahyu Putra, & Adi Wibowo Noor Fikri. (2025). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Skincare SKIN1004 melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Indonesia Economic Journal, 1(2), 864-880. https://doi.org/10.63822/6h23g242