Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Skincare SKIN1004 melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
DOI:
https://doi.org/10.63822/6h23g242Keywords:
Brand Image, Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada skincare SKIN1004 melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dekskrptif dengan metode kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 reponden, dengan responden utama mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa variabel yang memiliki pengaruh signifikan dan lainnya tidak, sebagaimana dijelaskan di bawah ini: Brand Image dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh positif tetapi tidak ignifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Brand Image dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan.
References
Aditya. (2020). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: the Art of Branding, January.
Aditya Wardhana. (2020). Brand image. In New Scientist (Vol. 165, Nomor 2229). https://doi.org/10.5040/9781501365287.280
Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214
Asiva Noor Rachmayani. (2015). buku loyalitas dan kepuasan.
Candani, A. M. K. M., & Yuniardi Rusdianto. (2023). Factors That Influence Brand Loyalty In Skintific Consumers. Jurnal Manajemen, 14(2), 249–263. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jm-uika.v14i2.14178
Dasril, J. D. M., & Sumadi. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Coffee Shop Janji Jiwa di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 996–1008. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13018
Dava Tri Agutama Bachtiar, Ariati Anomsari, Amalia Nur Chasanah, I. F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan “Ada Swalayan” Siliwangi Semarang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 1054–1069.
Fajar, Yulasmi, & Suryadi, D. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Upi). Jurnal Perilaku Bisnis Kontemporer, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.62769/095b2560
Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Leke, R. M., Welsa, H., & Cahya, A. D. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Goreng dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 352. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1007
Liana, Y., Putri, I., Djafri, T., & Priyo, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 77–85. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1866
Madjowa, I. S., Levyda, L., & Abdullah, S. (2023). Tingkat Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Melalui Variabel Moderating Kepuasan Konsumen. Jesya, 6(1), 184–193. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.909
Mardian, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiomi Pada Duta Cell Bima. Manajemen Dewantara, 5(1), 78–92. https://doi.org/10.26460/md.v5i1.9651
Masnun, S., Makhdalena, M., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280
Muazaroh, N., Febriansah, R. E., & Indayani, L. (2024). Ekonomis : Journal of Economics and Business Pengaruh Harga , Kualitas Produk , dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Mie Setan Prigen Pasuruan. 8(2), 1832–1839. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1775
Munfaqiroh, S., Sandy Agung, A. M., & Priyo Sugiharto, D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 292–300. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.765
Nauly, C., & Saryadi, S. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 974–983. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.28800
Rahman, F. A., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Seagai Variabel Intervening Konsumen Mie Sedaap Di Kabupaten Batang. 13(2), 302–309. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2024.41218
Saipuloh, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4441–4455. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/view/2175/1779
Saputri, A. I., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357
Sari, F. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan terhadap Produk MS Glow di Kabupaten Tebo. 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.54066/jurma.v2i4.2671
Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072
Setiawan, H., Firdiansjah, A., & Darsono, J. T. (2019). Effect of house prices, product quality on customer loyalty through customer satisfaction in housing Permata Royal Garden Malang. Management and Economics Journal (MEC-J), 3(2), 142. https://doi.org/10.18860/mec-j.v3i2.5960
Syah, A. B., Prihatini, A. E., & Pinem, R. J. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen pada Layanan Video Streaming Digital Viu. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 532–539. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35418
Widodo, R. C., & Rachma, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Samsung di FEB Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(10), 71–82. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13770
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desvita Setyanie, Christophorus Indra Wahyu Putra, Adi Wibowo Noor Fikri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.