Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Viva Cosmetics melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
DOI:
https://doi.org/10.63822/qhtwht35Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini guna mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Konsumen (Z) Produk Viva Cosmetics Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Penelitian kuantitatif dengan metode non-probabiliyy sampling melalui teknik purposive sampling digunakan penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sampel penelitian sebanyak 135 responden dengan penyebaran kuesioner menggunakan google form. Analisis data melalui pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu pemodelan persamaan struktural atau SEM-PLS dengan bantuan software SMARTPLS 4.1.1.2. Hasil penelitian memperlihatkan jika kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, serta kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Selain itu, kepercayaan konsumen mampu menjembatani pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut memperlihatkan jika kepercayaan konsumen mempunyai posisi penting sebagai perantara dalam membangun keputusan pembelian, khususnya pada produk Viva Cosmetics yaitu Viva Whitening Cream.
References
Amaliah Amaliah, Yenny Ernitawati, & Dwi Harini. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus Pengguna Produk Kosmetik Wardah, Emina, Viva Di Kelurahan Pasarbatang Brebes). Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 272–289. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1872
Annisa Farhanah, & Achmad Mufid Marzuqi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.54622/academia.v3i2.60
Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi. Jurnal Economina, 2(3), 766–784. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399
Fauzi, R. U. A., Esmike, M., & Ardiningrum, A. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Efektif : Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(1 Juni), 58–78. https://doi.org/10.37159/era1vn92
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Consepts, Techniques and Application using SmartPLS 3 (Ed. 2, Vol. 4). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Khumaeroh, F. A., Yanusa, N., Yulianto, A., Riono, S. B., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus di Toko Kosmetik Levina Beauty Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 1–14. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/jecmer/article/view/110/96
Kotler, Philip Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (S. Yagan (ed.); 14th ed.). https://doi.org/10.2307/2548367
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Management & Marketing. In S. Yagn (Ed.), Pearson Prentice Hall (14th Educa). Upper Saddle River, NJ Pearson Education Limited.
Lukieto Cahyadi, & Khoirotun Nisa Br. Purba. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pada Kosmetik Ms Glow Di Kota Tebing Tinggi. Management And Business Progress, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.70021/mbp.v1i1.21
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359. https://doi.org/10.1287/isre.13.3.334.81
Mutia Arda, & Dewi Andriany. (2023). the Influence of Product Quality, Price and Electronic Word of Mouth on the Purchase Decision of Ms Glow Skincare. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(4), 1246–1256. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i4.960
Setiabudhi, H., Suwono, M. A., Yudi, M. S., Setiawan, A., Karim, S., Hardani, P., & Duari, H. (2024). Analisis Data (I. P. H. Duari (ed.)). Borneo Novelty.
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.5
Utami, R. P., & Cahyono, T. D. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote. Nusantara Journal of Economics, 5(2), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37673/nje.v5i02.3744
Watung, V. A., Wenas, R. S., & Kawet, R. C. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Alfamart Cabang Motoling Minsel. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 82. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39400
Yu, M. C., Mai, Q., Tsai, S. B., & Dai, Y. (2018). An empirical study on the organizational trust, employee-organization relationship and innovative behavior from the integrated perspective of social exchange and organizational sustainability. Sustainability (Switzerland), 10(3). https://doi.org/10.3390/su10030864
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rasyida Yanuardi, Christophorus Indra Wahyu Putra, Adi Wibowo Noor Fikri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.