Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Varian Kosmetik Wardah melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Intan Khoirunnisa Yahya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Christophorus Indra Wahyu Putra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Adi Wibowo Noor Fikri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/9q02sj64

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi bagaimana citra merek serta mutu produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli kosmetik merek Wardah, dengan minat beli berperan sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 130 responden yang merupakan mahasiswa FEB Universitas Bhayangkara Jakarta Raya melalui teknik survei. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Temuan riset memperlihatkan bahwa baik citra merek maupun kualitas produk memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat membeli serta keputusan akhir dalam pembelian. Selain itu, minat beli terbukti berperan signifikan sebagai mediator sebagian antara pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.

References

Anisah Fitria Efendi1, Vicky Brama Kumbara, E. S. (2025). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Toko Liza Kosmetik Padang. Jurnal Riset Manajemen, 3(1), 259–270. https://doi.org/10.54066/jurma.v3i1.3026

Annisa Farhanah, & Achmad Mufid Marzuqi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.54622/academia.v3i2.60

Compas.co.id. (2024). Peningkatan Produk Perawatan dan Kecantikan. https://compas.co.id/article/penjualan-produk-perawatan-kecantikan

Irwan, I., & Wibowo, E. A. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (Jmob), 1(4), 609–624. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3785

Kasman, Abdillah, D. J., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Marketplace Lazada. Jurnssl Economina, 2(9), 2274–2293. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810

Kotler, P., & Lane, K. K. (2016). Marketing Management 15 Global Edition (15th ed.). Pearson.

Kusuma, S. S., Wijayanto, A., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 807–813. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892

Maulani, F. D., Putri, D. M., Fitri, F., & Hidayah, N. (2025). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi ( Survei Pada Konsumen McDonald ’ s Di Surakarta ). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i1.1146

Maulidio, R., Dwiastanti, A., Tinggi, S., & Indocakti, I. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amstirdam Coffee Di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(1), 2022.

Mely Susianawati, A. N. (2022). Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian Mascara Maybelline. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4977

Nirma, N., Welsa, H., & Hutami, L. T. H. (2023). Pengaruh Kualitas Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Batrisyia Dengan Variabel Intervening Minat Beli. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(3), 778–789. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i3.2931

Pahlevi, R. (2022). Survei: 54% Konsumen Kosmetik Lebih Pilih Brand Lokal. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/be642822a2b29fd/survei-54-konsumen-kosmetik-lebih-pilih-brand-lokal

Prihartini, E., Mahiri, E. A., Hakim, A., Kurnadi, E., Endorse, C., & Konsumen, M. B. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorse Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Toko Elzatta Majalengka. Jurnal Imialh Manajemen Dan Ilmu Sosial, 4(3), 775–783.

Putra, Y. P., Purwanto, H., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 6(1), 69–80. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6952

Rina Budiarti, & Tika Nirmala Sari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 01–14. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.572

Saputro, A. an. W., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Second Brand. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 646–651. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.515

Senen, D. M., Machmud, R., & Mendo, A. Y. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific Di Erby Shop. Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi Keuangan Bisnis Digital, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.58222/jemakbd.v4i1.1221

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality Dan Customer Satisfaction (Edition 4). CV Andi Offset.

Tri Harto Katamso, & Sugianto Sugianto. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening. MASMAN : Master Manajemen, 2(1), 165–183. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.324

Published

2025-07-30

How to Cite

Intan Khoirunnisa Yahya, Christophorus Indra Wahyu Putra, & Adi Wibowo Noor Fikri. (2025). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Varian Kosmetik Wardah melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Indonesia Economic Journal, 1(2), 837-850. https://doi.org/10.63822/9q02sj64