Pengaruh Location dan E-Service Quality terhadap Purchase Decision pada Konsumen Kedai Ramen Kisamen
DOI:
https://doi.org/10.63822/ap08a610Keywords:
Location, E service Quality, Purchase DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Location dan E-Service Quality terhadap Purchase Decision pada konsumen Kedai Ramen Kisamen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kedai Ramen Kisamen. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data primer. Variabel penelitian terdiri dari Location dan E-Service Quality sebagai variabel independen, serta Purchase Decision sebagai variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS IBM versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Location berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision, E-Service Quality juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision, serta Location dan E-Service Quality secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision.
References
Andayani, T., Rommy, N., Nur, N., Awasinombu, A. H., & Juharsah, J. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Nasabah Bank Negara Indonesia (Bni) Pengguna Mobile Banking). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2), 164. https://doi.org/10.55598/jmk.v13i2.23324
Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12
Febrianyah, A., Sapari, A. A., Herfando, Zakka, M., & Sewaka. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Swadaya. Jurnal PERKUSI, 2(3), 359–366.
Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 26. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giovanni, L., & Winarto. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty pada Konsumen Grab di Fisip Universitas Hang Tuah Surabaya. Journal Of Accounting and Business, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.30649/jab.v2i2.98
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Unitomo Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Kotler, P., & Kelller. (2022). Marketing Management. In Pearson.
Mele, C., Di Bernardo, I., Ranieri, A., & Russo Spena, T. (2024). Phygital customer journey: a practice-based approach. Qualitative Market Research, 27(3), 388–412. https://doi.org/10.1108/QMR-08-2023-0102
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Putri, S. E., & Firdaus, T. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang di PT Zataka Expressindo Utama. Jurnal Matua, 2(4), 353–370.
Qona’ah, S. (2020). Modul Dasar Dasar Manajemen. Modul Dasar Dasar Manajemen, 1–147.
Rosidah, A. N., & Andriani, D. (2021). The Effect of Service Quality , Product Quality , and Location on Purchase Decisions on Gacoan Noodles in Sidoarjo [ Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , dan Lokasi. 1–15.
Samroh, Lie, S., Tarigan, H., Rini, A., Edy, S., Alexander, A., Suprapto, Hugo Aries Wiriani, Erni SetiawanJusri, S., Maulani, W. S. H., Septyarini, E., Kurniawan, A., & Parantoro, A. (2023). Pengantar Manajemen. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
Simamora, V., & Fauziah, S. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Terhadap E-Customer Loyalty Pada E-Commerce. Journal for Business and Entrepreneurship, 3(3), 1–12. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JBE/article/view/5229%0Ahttp://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JBE/article/download/5229/1971
Sonia Yolandia. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tb Isna Tulungagung. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(5), 557–566. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i5.1687
Yanto, R. T. Y., & Anjasari, A. D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Toko Online Shopee). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran , 11(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wulan Maharani, Pebi Kurniawan, Ali Jufri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.