Pengaruh Penggunaan Influencer Marketing dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Raja Grosir Bima

Authors

  • Wiwin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Hairunisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Fatun Rahmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Husnul Khatimah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Sholawati Faujiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/rfe8xq71

Keywords:

influencer marketing, persepsi harga, minat beli konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan influencer marketing dan persepsi harga terhadap minat Beli konsumen pada Raja Grosir kota Bima Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota & kabupaten Bima yang pernah berbelanja di Raja Grosir . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggambil instrument penelitian berupa kuesioner skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli produk di Raja Grosir kota Bima, di Kota & kabupaten Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (Unknown Population). Dikarenakan populasinya tidak diketahui secara pasti maka sampel penelitian sebanyak 50 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat prngaruh penggunaan influencer marketing dan presepsi harga terhadap minat beli konsumen pada Raja Grosir Bima.

References

Abdhul, Y. (2023). Teknik Pengambilan Sampel Penelitian: Macam & Penjelasan [Macam & Contoh]. deepublishstore.

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49-61.

Seruni, N. N. A., Suryaniadi, S. M., & Dewi, N. I. K. (2024). Pengaruh influencer marketing terhadap minat pembelian produk kecantikan brand Azarine pada generasi Z:

Fajar, A., & Yusuf, M. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Foodbox Bima. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 3(2), 30-37.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Belajar

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Serly marsha putri,Rosmita. Pengaruh influencer marketing terhadap minat beli konsumen pada toko sneakerspku9

Purwanza, S. W. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. CV. Media Sains Indonesia.

Putri, a. D., & Astuti, s. T. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada blends pasta & chocolate cabang unika semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(2), 1–10.

Komang Lola Yasinta dan Romauli Nainggolan.Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian somthinc di surabaya dimediasi oleh brandimage.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif,kualitatif,R&D. Bandung,Alfabeta. 14.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan (S. Y. Ratri Ed.). ALFABETA cv. 15.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. alfabeta Bandung. 16.Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.

Syafina, L., & Harahap, N. (2019). Metode penelitian akuntansi pendekatan kuantitatif. febi uin-su prees.

Published

2025-07-03

How to Cite

Wiwin, Hairunisa, Fatun Rahmawati, Husnul Khatimah, Sholawati Faujiah, & Sri Ernawati. (2025). Pengaruh Penggunaan Influencer Marketing dan Presepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Raja Grosir Bima. Indonesia Economic Journal, 1(2), 344-352. https://doi.org/10.63822/rfe8xq71