Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Coffe Receh

Authors

  • Sulfi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • M. Fitrah Hidayatullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Anggi Sufia Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Nurfadillah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Nursafrina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/dn8v6809

Keywords:

Cita rasa, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi indikator penting dalam keberlangsungan bisnis kuliner, terutama di tengah persaingan industri kafe yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cita rasa, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Coffee Receh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner berskla likert. Populasi dalam penelitian ini adalah selurun konsumen yang pernah berkunjung dan membeli di Coffee Receh yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang responden yang pernah membeli di Coffee Receh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan uji valiiditas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji determinasi, uji t dan uji f. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, variabel cita rasa, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Cita rasa menjadi faktor dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas menu, penetapan harga yang terjangkau, dan pelayanan yang prima dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di Coffee Receh. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi manajemen Coffee Receh dalam menyusun strategi peningkatan kualitas layanan dan produk

 

References

Rahmawati, Y., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Resto Street Sushi Cabang Meruya Jakarta Barat). Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah dan Muamalah, 1(3), 117-127.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150-160.

Apriyani, D. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1-7.

Mulyana, M. (2019). Strategi Penetapan Harga.

Susanti, M., & Wibowo, S. (2024). Cita Rasa Tradisional dan Potensi Ekonomi: Pariwisata Kuliner Tangerang. eCo-Fin, 6(3), 660-674.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1), 22-34.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian.

Pramesti, G. (2013). Smart Olah Data Penelitian dengan SPSS 21. Elex Media Komputindo.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Prihatiningtyas, G., & Uswatun, C. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 1-18.

Published

2025-07-03

How to Cite

Sulfi, M. Fitrah Hidayatullah, Anggi Sufia Putri, Nurfadillah, Nursafrina, & Sri Ernawati. (2025). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Coffe Receh. Indonesia Economic Journal, 1(2), 336-343. https://doi.org/10.63822/dn8v6809