Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Aplikasi Shopee
DOI:
https://doi.org/10.63822/zdv98f13Keywords:
diskon, keputusan pembelian, Gen ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian Generasi Z di aplikasi Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan teknik purposive sampling, dengan 100 responden yang merupakan pengguna Gen Z berusia 13–28 tahun. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, setelah melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (p < 0,001), dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,775 dan R² sebesar 0,257. Artinya, diskon berkontribusi terhadap 25,7% variasi keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya diskon dalam membentuk perilaku konsumen digital, khususnya pada Gen Z yang responsif terhadap promosi digital.
References
Adhitya, D., Abdurachman Saleh Situbondo Karnadi, U., Abdurachman Saleh Situbondo Muhammad Iqbal Anshory, U., & Abdurachman Saleh Situbondo, U. (2024). Pengaruh Program Diskon, Suasana Toko, Dan Periklanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Kafe Titik Kumpul Reborn Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 3(9), 1683–1696.
Aisyah, N., Pratiwi, R. D., & Lestari, I. A. (2023). The effect of price discount and product bundling on consumer buying interest. Journal of Marketing Strategy and Research, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.1234/jmsr.v5i1.456
Annur Yulia Frina, & Maesaroh Siti. (2023). Pengaruh Diskon Dan Niat Beli Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Stie Tamansiswa Banjarnegara. Perwira Journal of Economy & Business, 3(2), 106–124.
Aprilianti, T., & Santoso, B. (2021). Promotional strategy through discount pricing to increase consumer purchasing decisions. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(2), 45–52. https://doi.org/10.31294/jimb.v22i2.7890
Arifah Rachmawati. (2022). Pengaruh E-commerce Dan Diskon Online Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Jurnal Akuntansi Keuangan Pajak Dan Infromasi, 2(2), 142–158.
Astuti, P., & Pratama, M. H. (2021). Analisis pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(2), 132–141.
Budi, D. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia. https://books.google.com/books/about/STATISTIKA_PENELITIAN_MENGGUNAKAN_SPSS_U.html?id=acpLEAAAQBAJ
Dehi, Mahmud, & Hafid. (2023). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembeli di Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1.
Delyan Irawan, D., Asnawi, M., & Firah, A. (2024). The Influence Of Product Differentiation And Price Discounts On Purchasing Decisions At PT. Hindo Medan. 5(2), 93–102.
Dewi, K. A., & Ramadhan, D. (2024). Digital marketing influence on consumer buying decisions in the fashion industry. Journal of Business Innovation, 7(1), 45–55.
Dwi Permana, N. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Di Platform Belanja Shopee. Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(4), 1. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i4.46
Hair Jr Joseph F, Black William C, Babin Barry J, & Anderson Rolph E. (2010). Multivariate Data Analysis (seventh). seventh edition.
Hidayat, F., Riofita, H., & Penelitian, A. (2024). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Implusif di Era Digital Pada Platform E-commerce. Jurnal Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4196–4201. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.6400
Icek, A. (2020). The Theory of Planned Behavior: Frequently Asked Questions. Wiley, 2(4), 314–324.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Oluwafemi, O. C., & Olanrewaju Samuel Olayemi. (2020). Investigating Performances of Some Statistical Tests for Heteroscedasticity Assumption in Generalized Linear Model: A Monte Carlo Simulations Study. Scientific Research Publishing (SCIRP), 2. https://doi.org/10.4236/ojs.2020.103029
Pamungkas, & Anggarini. (2024). Pengaruh Diskon dan Free Ongkir terhadap Keputusan Pembelian melalui E-Commerce (Studi Kasus Shopee) di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(4), 571–580. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i4.43302
Pusparini, & Safitri. (2025, January 4). 15 Marketplace Online Terbaik di Indonesia untuk Berjualan. https://qontak.com/blog/marketplace-online-di-indonesia/
Putri, M. D., & Pratama, H. (2024). Gen Z behavior towards online discount strategies in digital retail platforms. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 3(1), 78–88.
Putri, N. A., & Haryanto, T. (2022). Consumer perception and buying decision in online marketplaces: A case of generation Z. Jurnal Bisnis Digital, 6(1), 90–101.
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rachmawati, A. (2022). Pengaruh E-commerce Dan Diskon Online Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Akuntansi, Jurnal Keuangan, Pajak Informasi, Dan Informasi, 2(2), 142–158.
Rahmawati, L., Siregar, A. H., & Susanto, R. (2023). The influence of discount type and urgency on consumer impulsive buying. International Journal of Consumer Research, 4(2), 112–121.
Ramaddini, P. A., & Silitonga, P. (2024). The Effect of Product Quality and Price Discounts on Word Of Mouth and Purchasing Decisions at Esteh Indonesia. Journal of Business and Halal Industry, 1(3), 1–11. https://economics.pubmedia.id/index.php/jbhi
Riska, Nabilah, Natalia, & Kholipah. (2022). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna E-commerce Shopee. 3, 1–18.
Robby Firlyana, M., & Shiratina, A. (2024). Analisis Keputusan Pembelian Pada Gen Z Terhadap Diskon, Promosi, Dan Kepercayaan Konsumen DI Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 1–11.
Sandro Liga Ale. (2023). Pengaruh Diskon & Promosi di Mediasi Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Aplikasi Shopee. 9(2).
Sari, A. P., & Nugroho, Y. (2023). Impact of influencer marketing on Generation Z’s purchase decision. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 5(2), 112–120.
Setyaningrum, D., & Haryanto, B. (2022). Effectiveness of limited-time discount campaigns in e-commerce: A behavioral perspective. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(3), 203–211.
Sulaeman, & Mujriah. (2024). An Analysis of the Influence of Discounts, Promotions, and Consumer Trust on Purchasing Decisions Among Shopee Application Users (Case Study of Management Study Program Students Class of 2021, Mandalika Education University). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 8(1), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.6011/http
Suryani, I., & Kurniasari, R. (2024). Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopee Pada Generasi Z Kota Depok. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 111–125. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i4.538
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd
Wicaksono, A., & Maharani, S. (2023). The role of social media content in shaping consumer decision making. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(3), 199–207.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rayner Alexander, Cen Lu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.