Pemetaan Akses dan Kualitas Layanan PAUD di Kabupaten Gorontalo: Analisis Peta Jalan PAUD Berkualitas 2020–2035
DOI:
https://doi.org/10.63822/ye0zsc37Keywords:
PAUD holistik integratif, akses layanan, kualitas layanan, Peta Jalan PAUD 2020–2035Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur akses dan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Gorontalo serta mengevaluasi seberapa sesuai dengan Peta Jalan PAUD Berkualitas 2020–2035. Layanan pendidikan anak-anak (PAUD) bertanggung jawab secara strategis untuk membentuk fondasi perkembangan anak secara optimal sejak usia dini. Saat ini, bagaimanapun, Kabupaten Gorontalo masih menghadapi sejumlah masalah, terutama terkait pemerataan layanan dan pemenuhan standar mutu pendidikan. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan teknik studi dokumentasi digunakan terhadap data sekunder. Data sekunder ini termasuk Data Dapodik PAUD Dikdasmen 2024 dan Pedoman Umum Penyelenggaraan PAUD Berkualitas (2022), serta berbagai laporan dinas pendidikan dan dokumen kebijakan di daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan PAUD tidak tersebar secara merata di Kabupaten Gorontalo; lebih banyak satuan terletak di wilayah perkotaan, tetapi tidak ada layanan di daerah pedesaan. Selain itu, standar nasional belum sepenuhnya memenuhi kualitas layanan PAUD, yang dinilai dari kualifikasi guru, status akreditasi lembaga, dan pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif (PAUD HI). Program PAUD HI masih menghadapi tantangan seperti koordinasi lintas sektor dan kekurangan sumber daya. Akibatnya, untuk mencapai target yang ditetapkan dalam Peta Jalan PAUD Berkualitas 2020–2035, diperlukan rencana yang memungkinkan peningkatan akses dan kualitas layanan melalui pemerataan lembaga PAUD, peningkatan kapasitas pendidik, percepatan akreditasi, dan peningkatan kerja sama lintas sektor.
Downloads
References
Fidesrinur, F., Riza, E., & Fitria, N. (2022). Pola Keterlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (Paud Hi) Di Jakarta Selatan Dan Depok. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 127–144. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.127-144
Handayani, A., Munawar, M., Chandra D.S., A., & Prasetiyawati D.H, D. (2012). PENINGKATAN KUALITAS POS PAUD MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF (Penelitian Tindakan Pada Pos PAUD Se-Kalurahan Penggaron Kidul). Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 75–92. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.260
Kemendikbud. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1, 79.
Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, W., Suarmini, N. W., Hermanto, H., Mahfud, C., & Widyastuti, T. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini - Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu - Rungkut Surabaya. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016
Rizkita, D. (2017). Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (Tpa) Terhadap Motivasi Dan Kepuasaan Orangtua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan Tpa Yang Tepat. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46
Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Qalamuna, 11(2), 61–72.
Wahyuni, S., Aisyah, E. N., & Redjeki, E. S. (2019). Peningkatan kualitas layanan pos PAUD melalui penyusunan program penguatan Pendidikan karakter berbasis masyarakat. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i2.28351
Widjayatri, R. D., Fitriani, Y., & Tristyanto, B. (2020). Sosialisasi Pengaruh Stunting Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.11
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Djafri, Noval S. Abdul, Muh. Fikri Totondeng, Niken U.R. Pidel (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.