Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.63822/mq8yey53Keywords:
: Pendidikan multikultural, literasi digital, pembelajaran IPS, globalisasi, kewarganegaraan global.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam integrasi pendidikan multikultural dan literasi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di era globalisasi. Pendidikan multikultural berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai toleransi, empati, penghargaan terhadap keberagaman, serta membangun kesadaran akan pentingnya hidup berdampingan secara harmonis di tengah masyarakat yang plural. Di sisi lain, literasi digital diperlukan untuk membekali siswa dengan keterampilan kritis, kreatif, etis, dan produktif dalam memanfaatkan teknologi informasi yang terus berkembang. Melalui studi pustaka dan pendekatan deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa sinergi antara pendidikan multikultural dan literasi digital dalam pembelajaran IPS tidak hanya memperkuat identitas kewarganegaraan global, tetapi juga membantu siswa mengembangkan kemampuan adaptif terhadap perubahan sosial, budaya, dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi keduanya mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih inklusif, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan abad 21. Dengan demikian, guru IPS perlu merancang strategi pembelajaran berbasis kolaborasi, inovasi, dan pemanfaatan teknologi digital, agar siswa tidak hanya menjadi warga negara yang cerdas dan kritis, tetapi juga berkarakter, toleran, serta berdaya saing di tingkat global.
Downloads
References
Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 184–188.
Jamaluddin, N. S. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21: RELEVANSI FILSAFAT PENDIDIKAN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONAL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 231–240.
Lickona, T. (1992). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Mudaris, I., Sanjani, R., Saudi, A., & Sani, B. O. (2025). PERAN LANDASAN IPS MEMBANGUN KARAKTER DAN WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(3), 4963–4968.
Mukaromah, C. F. , Kusuma, R. , & Rustini, T. (2025). Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. . Sindoro: Cendikia Pendidikan.
Nugraha, A. , Fitria, D. , & Wulandari, S. (2020). Integrasi isu keberlanjutan dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. . Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 112–124.
Nurhayati, S., & Shintasiwi, F. A. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERMUATAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI TOLERANSI DI SMP NEGERI 2 WANGON. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(1), 72–81.
Rahmawati, T., & Hj, S. (2017). PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 6(2).
Rofik, M. , &, & Hermanto, H. (2021). Penguatan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS sebagai upaya membentuk karakter peserta didik di era globalisasi. . Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 6(2), 85–94.
Santosa, Y. B. P., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. JIPSINDO, 9(2), 192–204.
Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.
Setiawan, H. , & Rachmawati, R. (2021). The role of character education in social studies learning. Journal of Social Studies Education Research, 12(4), 75–92.
Siregar, A., Khairani, A., Amalia, D. R., Khairunnisa, K., Siregar, S. S., & Yusnaldi, E. (2025). Peran Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Karakter Bangsa. PEMA, 5(1), 73–79.
Suryadi, K. (2021). Strengthening civic competence through social studies education. . Cakrawala Pendidikan, 40(3), 605–617.
Susanto, H. , & Lestari, N. (2019). Peran guru dalam pembelajaran IPS berbasis nilai untuk membangun karakter kewarganegaraan. . Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(1), 67–78.
Undari, M. (2023). Pengaruh penerapan model PJBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 25–33.
Wahyuni, R. (2023). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran IPS untuk penguatan literasi digital siswa. . Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 210–225.
Weninger, C. (2021). Global citizenship education and literacy in the digital era. Globalisation, Societies and Education, 19(5), 623–636.
Wibowo, D. R. (2024). Integrasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran IPS untuk membangun sikap toleran pada siswa MI/SD. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(02), 112–125.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suyekti Kinanthi Rejeki (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.