Konsep Balaghah Abu hilal Al-Askari : Studi Tentang Ilmu Bayan

Authors

  • Ahmad Wildan Sahuri Ramdani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Author
  • Azzahra Emira Sudrajat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Author
  • Raswan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/htzqf993

Keywords:

Balaghah, Abu Hilāl al-‘Askari, Ilmu Bayān

Abstract

Ilmu al-Bayān merupakan salah satu cabang utama dalam disiplin balāghah Arab yang berfungsi untuk menjelaskan makna secara mendalam dan artistik melalui berbagai perangkat gaya bahasa seperti tasybīh, isti‘ārah, majāz, dan kināyah. Artikel ini mengkaji konsep Ilmu al-Bayān menurut Abu Hilāl al-‘Askari (w. 395 H), seorang tokoh penting dalam tradisi keilmuan Arab klasik yang memberikan kontribusi signifikan terhadap sistematika dan estetika bahasa Arab. Melalui karya monumentalnya Kitāb al-Ṣinā‘atayn, al-‘Askari menekankan pentingnya kejelasan dan kedalaman makna sebagai inti dari balāghah yang sejati, serta mengkritisi bentuk-bentuk bahasa yang terlalu artifisial tanpa substansi makna. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), serta teknik analisis isi berdasarkan model Krippendorff untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pemikiran al-‘Askari dalam konteks retorika dan stilistika Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Abu Hilāl tidak hanya menekankan keindahan ekspresi, tetapi juga mengaitkannya dengan etika komunikasi, rasionalitas, dan ketepatan makna. Pandangannya tentang tasybīh, isti‘ārah, dan majāz menggambarkan integrasi antara kekuatan retoris dan kejelasan semantik, yang kemudian memengaruhi pemikiran tokoh-tokoh besar seperti al-Jurjānī dan al-Sakkākī. Dengan demikian, pemikiran Abu Hilāl al-‘Askari tetap relevan dalam studi linguistik Arab dan retorika modern karena menawarkan pendekatan estetis dan logis terhadap ekspresi bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Munawwar, Saiful. (2019). Konsep Balāghah dalam Perspektif Ilmu Bayān: Telaah Teoretis terhadap Fungsi Estetik Bahasa Arab. Jurnal Lisanuna, 9(1), 89–106.

Adlini, M.N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S.J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.

Salamanang, M. P. A., & Nurdiarti, R. P. (2023). REPRESENTASI TOXIC RELATIONSHIP DALAM DRAMA:(Studi Analisis Isi Krippendorff Pada Drama Korea Nevertheless). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 7(2), 178-187.

Yahya, Wafi. The Influence of Abu Hilal al-‘Askari in Arabic Rhetoric. Journal of Arabic Rhetoric Studies, Vol. 4, No. 2, 2020, pp. 123–144.

Ma’ruf, Anas. (2022). Telaah Stilistika Bahasa Arab: Analisis Majaz dan Isti‘ārah dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Mufidah: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 115–130.

Latifah, Umi. (2021). Ilmu Balāghah dalam Karya Abu Hilāl al-‘Askari: Kajian Awal terhadap Kitab al-Ṣinā‘atayn. Jurnal Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 5(1), 33–48.

Muhammad, Iqbal. (2020). Analisis Balaghah Ayat-Ayat Al-Qur’an: Kajian terhadap Tasybīh dan Kināyah. Jurnal Arabiyatuna, 4(2), 221–240.

Rahmawati, Nina. (2021). Pengembangan Kompetensi Balāghah melalui Pemahaman Ilmu Bayān dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al-Ta’rib, 9(1), 77–95.

Kholis, Ahmad. (2018). Retorika Bahasa Arab dalam Kajian Ilmu Balāghah: Telaah Semantik dan Estetika dalam Karya-Karya Klasik. Jurnal Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal UIN Malang), 3(2), 133–152.

Syamsudin, Nur. (2022). Ilmu Balāghah dan Relevansinya dalam Kajian Tafsir Kontemporer. Jurnal Al-Qalam, 28(1), 45–60.

Hidayat, Rahmat. (2023). Telaah Pemikiran Abu Hilāl al-‘Askari tentang Estetika Bahasa Arab dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Balāghah. Jurnal Arabi: Journal of Arabic Studies, 8(1), 92–108.

Published

2025-07-16

How to Cite

Ahmad Wildan Sahuri Ramdani, Azzahra Emira Sudrajat, & Raswan. (2025). Konsep Balaghah Abu hilal Al-Askari : Studi Tentang Ilmu Bayan. Journal of Literature Review, 1(2), 341-349. https://doi.org/10.63822/htzqf993