Penggunaan Aplikasi Jxcirrus Maths dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.63822/3bggsv74Keywords:
jXcirrus Maths, pembelajaran matematika, studi literatur, media digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi jXcirrus Maths dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan studi literatur. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak latihan soal matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan pengaturan level serta waktu pengerjaan. Penelitian ini menelaah 10 jurnal nasional yang relevan tentang penggunaan media digital, game edukatif, dan aplikasi interaktif dalam pembelajaran matematika. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti jXcirrus Maths dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat pemahaman konsep dasar matematika, serta mendukung pembelajaran mandiri. Meskipun demikian, tantangan dalam implementasinya masih mencakup kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya pelatihan TIK bagi pendidik.
Downloads
References
Ekaningtyas, N.L.D. (2022). Psikologi dalam Dunia Pendidikan. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Frisila, M. (2022). Game Interaktif Wordwall dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu.
Harun, M., et al. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Web untuk SMK. Jurnal Pendidikan dan Teknologi.
Lestari, S.A.P., et al. (2024). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Digital.
Perbowosari, H., et al. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Qiara Media.
Rahmat, P.S. (2018). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Simbolon, A. K. (2020). Pengaruh Quizizz terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.
Suryani, N., & Anggaraini, A. (2020). Tantangan Integrasi TIK di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Wijana, I.N., & Suhardi, M. (2018). Pemerataan Akses Pendidikan di NTB. Alignment Journal.
Wulandari, R. (2023). Efektivitas Mathsolver dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melinda Azizah, Yahfizham (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.