Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Core Value: Studi Fenomenologi Budaya Sekolah di SD Nasima

Authors

  • Lulu’ Arifatun Munasiroh Universitas Negeri Semarang Author
  • Wasino Universitas Negeri Semarang Author
  • Tri Astuti Universitas Negeri Semarang Author
  • Arghita Aricindy Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/5gnzcv54

Keywords:

character education, core values, school culture, holistic education

Abstract

This study explores the implementation of character education based on core values as the foundation for school culture development at SD Nasima Semarang. Using a qualitative phenomenological approach, data were collected through in-depth interviews, participant observation, and document analysis involving principals, teachers, students, and parents. The implementation of the school’s core values—strong integrity, readiness to take responsibility, empathy, confidence in striving for the best, and communicative courtesy—has been systematically internalized through daily routines, teacher role modeling, and school regulations to cultivate a culture characterized by moral integrity, religious values, and global competitiveness. Effective school management supported by collaborative leadership and parental engagement sustains this culture, while continuous character reinforcement programs address challenges such as inconsistent teacher modeling and digital influence. The study concludes that SD Nasima has developed a living value system that harmonizes Islamic spirituality, Pancasila values, and global citizenship competencies, offering a replicable model for elementary schools in Indonesia

References

Azmi, Syaiful, Indra Prasetyo, and Woro Utari. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Sebelas Prinsip Pendidikan Karakter Yang Efektif (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Wijaya Putra).” Jurnal Manajerial Bisnis 6(2):147–56.

Baiah, Miftahul, and Mu’jizatin Fadiana. 2024. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dengan Penerapan Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan.” Jurnal Basicedu 8(3):1700–1710.

Bela, Dinda Velita, and Fitri Nur Mahmudah. 2024. “Implementasi Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan 12(2):139–46.

Darwanto, Agus, Enas, and Oyon Saryono. 2025. “Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 17(2).

Faruq, Dukan Jauhari, Nur Wahidah, and Mukhsin Mukhsin. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5(2):25–33.

Fernanda, Reksa Dwi, and Sri Estu Wahyuni. 2024. “Upaya Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah SDN Kesatrian 1 Kota Malang.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 4(5):1.

Frasandy, Rendy, Ardipal, and Desyandri. 2024. “Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Siswa.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 841–52.

Hada, Gampang Saiful, and Erna Zumrotun Erna. 2024. “Analisis Penerapan Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam Sapa, Sopan, Santun) Dalam Membangun Karakter Di Sekolah Dasar.” JANACITTA 7(1):63–71.

Hayati, Maulidia Dwi Wahyu, and Iqnatia Alfiansyah. 2025. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(2):211–27.

Indriani, Dwi Fitria, Nur Afni Anggraini, Wahyu Ezy Asmi Hasanah, Lilik Bintartik, and Ana Dwi Lestari. 2024. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Innovation and Teacher Professionalism 3(2):480–87.

Indrianingrum, Marlinda Dwi, Noor Miyono, and Sri Nurhayati. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(2):194–201.

Ismanto, Rudik, Nadziroh Nadziroh, and Wachid Pratomo. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(2):61–66.

Jannah, Firda Mawaddatul, Muhammad Ridwan, Naili Azkiya Sari, Munawarotus Sholihah, and Nur Rohman. 2025. “Peran Manajemen Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Studi Sekolah Dasar Negeri 01 Karanggondang.” Jurnal Cakrawala Pendidikan Dan Biologi 2(3):112–21.

Kurniasih, Lili, Syarnubi, Achmad Fadil, and Gerry Krzic. 2025. “Pembinaan Karakter Gemar Membaca Di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal PAI Raden Fatah 7(1):101–11.

Lawolo, Juni Rahmat, Adrianus Bawamenewi, Fatiani Lase, and Berkat Persada Lase. 2024. “Peran Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Siswa.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(10):11507–16.

Sapuan, Marzuki Noor, Sutrisni Andayani, and Harjoko Harjoko. 2024. “Pengelolaan Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Budaya Sekolah.” POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan 4(1):26–38.

Saputri, Anggun Dewi, and Tri Yuliansyah Bintaro. 2024. “Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas III SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto.” Consilium: Education and Counseling Journal 4(2):259.

Tasirun, Moh., Sigit Setiyo Budi, Fetty Hermawati, Sonya Diah Paramita, and Nurkolis. 2025. “Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Sekolah Yang Aman, Nyaman, Dan Inklusif.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14(3):5867–76.

Ulfa, Maria, and Moh. Ulum. 2025. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa.” J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 13(1):497–505.

Yulia, Yulia, and Siti Quratul Ain. 2024. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar.” Aulad: Journal on Early Childhood 7(1):22–31.

Published

2025-11-05

How to Cite

Lulu’ Arifatun Munasiroh, Wasino, Tri Astuti, & Arghita Aricindy. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Core Value: Studi Fenomenologi Budaya Sekolah di SD Nasima. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 609-6161. https://doi.org/10.63822/5gnzcv54