Perbedaan Stres Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Akhir Di Universitas Andalas
DOI:
https://doi.org/10.63822/29dfxh41Keywords:
Stres , Jenis Kelamin , Akademik , Universitas AndalasAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan stres akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa kedokteran tingkat akhir di Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan crosssectional.. Dalam penelitian ini, yang merupakan populasi adalah mahasiswa angkatan 21 dan angkatan 22 dengan total populasi 434 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres akademik mahasiswa kedokteran tingkat akhir di Universitas Andalas berada pada kategori sedang dilihat dari nilai rata-rata empiris dan simpangan baku. Kondisi ini menandakan bahwa mahasiswa kedokteran menghadapi tekanan akademik yang cukup tinggi, namun masih dalam batas kemampuan adaptasi psikologis yang dapat dikendalikan. Sebagian besar mahasiswa masih dapat menyeimbangkan tuntutan akademik dengan kondisi emosional dan sosialnya, meskipun tekanan eksternal seperti beban skripsi dan tanggung jawab akademik lainnya cukup dominan
References
Alifah Nur Solikhah, & Egi Prawita. (2024). Penyusunan Instrumen Skala Stres Belajar pada Mahasiswa Baru. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(4), 38–47. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i4.542
Apriady, T., Yanis, A., & Yulistini, Y. (2016). Prevalensi Ansietas Menjelang Ujian Tulis pada Mahasiswa Kedokteran Fk Unand Tahap Akademik. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(3), 666–670. https://doi.org/10.25077/jka.v5i3.596
Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2). https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Bianca, N., Ketut Budiarsa, I. G. N., & Purwa Samatra, D. P. G. (2021). Gambaran Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Pada Tahap Preklinik Dan Klinik. E-Jurnal Medika Udayana, 10(12), 1. https://doi.org/10.24843/mu.2021.v10.i12.p01
Dahlan, U. A. (2022). Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. 4(2), 64–72.
Daniel J. Buysse, Charles F. Reynolds, Timothy H. Monk, Susan R. Berman, D. J. K. (1989). The Pittsburgh sleep quality index: A new instrument for psychiatric practice and research. The Pittsburgh Sleep Quality Index: A New Instrument for Psychiatric Practice and Research, Psychiatry Research, 28(2), 193–213. https://doi.org/10.1016/0165-1781(89)90047-4.
Delfri Nadiya Rahmatika. (2024). Ekasakti jurnal penelitian & pengabdian. GAMBARAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PRASEJAHTERA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN, April, 219–232.
Detik.com. (2022). mahasiswa rentan alami stres dan depresi dan ini akibatnya.
Detik.Com. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6277414/mahasiswa- rentan-alami-stres-dan-depresi-ini-penyebabnya
Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064
Fachrosi, E. (2019). Perebedaan Stres Akademik Atara Kelompok Siswa Minoritas Dengan Mayoritas.
Fiqih, A., & Ratnawati, V. (2023). Mengurai Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir: Faktor Pemicu, Dampak Dan Strategi Pengelolaan Di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Semdikjar 6, 755–765.
Fitriyani, Fathurrahman, A., & Mandala, Z. (2024). Gambaran Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Pendidikan ProfesiDokter Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 11(6), 2549–4864. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan
Goel, P., & Goel, A. (2024). Exploring the Evolution of Sleep Patterns From Infancy to Adolescence. Cureus, 16(7). https://doi.org/10.7759/cureus.64759
Hakim, A. H., Pratiwi, C., Ramulan, F., Mutia, I., & Amna, Z. (2024). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa ( the Relationship Between Academic Stress and Sleep Quality Among Students ). Syiah Kuala Psychology Journal, 2(1), 58–67.
Hamdi, I. A. H., Meutia, N., Ibrahim, S., & Hamdi, T. (2022). The Relationship between Stress and Incidence of Sleep Disorder among Students at the Faculty of Medicine Universitas Sumatera Utara. Sumatera Medical Journal, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.32734/sumej.v5i2.7988
Handayani, W. A., Purnama, C. Y., & Ariandini, N. (2023). Kesejahteraan Mahasiswa : Peran Penghayatan Stres Akademik Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Education and Development, 11(3), 123–127. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4976
Hirshkowitz, M., Whiton, K., Albert, S. M., Alessi, C., Bruni, O., DonCarlos, L., Hazen, N., Herman, J., Katz, E. S., Kheirandish-Gozal, L., Neubauer, D. N., O’Donnell, A. E., Ohayon, M., Peever, J., Rawding, R., Sachdeva, R. C., Setters, B., Vitiello, M. V., Ware, J. C., & Adams Hillard, P. J. (2015). National sleep foundation’s sleep time duration recommendations: Methodology and results summary. Sleep Health, 1(1), 40–43. https://doi.org/10.1016/j.sleh.2014.12.010
Honanda, M. V., & Ariant, R. (2023). Student Sleep Quality during a Pandemic and its Relationship with Smartphone Use Intensity Kualitas Tidur Mahasiswa di Masa Pandemi dan Hubungannya dengan Intensitas Penggunaan Smartphone. Jurnal Imiah Psikologi, 11(1), 8–15. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1
HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN PADA TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG Mirna. (2018). 7(April), 28–39.
Hulwani, N., Nursa’adah, & Desreza, N. (2022). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa The Correlation Between Academic Stress with Sleep Quality Students Faculty of Medicine Final Level at Abulyatama University In 2022. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), 1536–1544.
Imami, Y. U., Novasyra, A., Utami, N., & Lubis, A. (2022). TINGKAT STRESMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA ANGKATAN 2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19 STRESS LEVELS OF STUDENTS FACULTY MEDICINE ISLAMIC UNIVERSITY NORTH SUMATRA BATCH 2021 DURING COVID-19 PANDEMIC PENDAHULUAN Sejak Desembe. V(Ii), 80–86.
Junaidi, W., Ayu, M., Bella, S., Shaqinah, S. A., & Amna, Z. (2024).PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN ( THE DIFFERENCES OF SLEEP QUALITY AMONG COLLEGE STUDENTS BASED ON GENDER ). 2(2), 86–99.
kompas.id. (2019). Survei: Tugas Kuliah Jadi Sumber Utama Stres di Kalangan Mahasiswa. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/muda/2019/07/03/survei-tugas-kuliah-jadi- sumber-utama-stres-di-kalangan-mahasiswa
Kurniawan1, D., Mokhtar2, S., Rasfayana3, Sodiqah4, Y., Arifin5, A. F., & Isra6, N. (2021). Fakumi medical journal. 1(1), 12–21.
Maisa, E. A., Andrial, A., Murni, D., & Sidaria, S. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 438. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1345
Manoppo, M. W., Pitoy, F. F., & Abigael, T. (2023). Kualitas Tidur pada Mahasiswa Profesi Ners Universitas Klabat. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3(7), 2098–2107. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i7.10717
Maulana, I., & Alfian, I. N. U. R. (1851). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental Pengaruh Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Masa Pandemi COVID-19. 1(1), 829–836.
Mawakhira Yusuf, N., & Ma’wa Yusuf, J. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84
Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 243–249. https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477
Oktavia, Wildani Khoiri, Rahmah Fitroh, Hastin Wulandari, F. F. (2019). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 142–149. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Permatasari, A. N. (2020). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tahun Pertama Dan Tahun Kedua Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta.
Program, M., Ilmu, S., Fakultas, K., Kesehatan, I., Tribhuwana, U., Malang, T., Program, D., Ilmu, S., Fakultas, K., Kesehatan, I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2017). Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017. 2.
Psikologi, F., & Mada, U. G. (2020). Hubungan antara Stres Akademik dan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Kedokteran HASNA INSANI KAMILA, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si.,Ph.D.
Putri, A. T. H., & Ambarwati, K. D. (2023). Hubungan Stres Akademik Dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Kristen Satya Wacana. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2637–2644.
Putri, P. K., Risnawati, E., & Avati, P. (2022). Stress Akademik Mahasiswa Semester Awal Dan Mahasiswa Semester Akhir: Studi Komparatif Dalam Situasi Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(2). https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232
Ramadita, A. M., Harsanti, I., & Harmoni, A. (2023). Pengaruh Stres Akademik Terhadap Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Arjwa: Jurnal Psikologi, 2(4), 212–222. https://doi.org/10.35760/arjwa.2023.v2i4.9620
Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. J I E M Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 36–43. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2218.
Rohmah, W. K., & Santik, Y. D. P. (2020). Determinan Kualitas Tidur Pada Santri di Pondok Pasantren. Higeia Journal Of Public Health Research and Development, 4(3), 649–659. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia
Roni1, Aminuyati2, Venny Karolina3, Sri Buwono4, H. W. (2016). Perbedaan Tingkat Stres Akademik Berdasarkan Gender pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan IPS di FKIP UNTAN. 10(10), 1–23.
Sagita, D. D., Fairuz, S. U. N., & Aisyah, S. (2021). Perbedaan Stres Akademik Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(2005), 09–16. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.862
Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2020). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96–106. https://doi.org/10.24854/jpu67
Septianingsih, N. luh. (2020). Jurnal riset kesehatan nasional. Riset Kesehatan Nasional, 59(1), 36–40.
Setyowati, Elizabeth A. P., Yuliadi, Istar., Karyanta, N. A. (2013). Hubungan antara Kualitas Tidur dan Kestabilan Emosi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Aktif Paduan Suara Voca Erudita UNS. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 4(2), 68–80. http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/10 4/95
Shah, M., Hasan, S., Malik, S., & Sreeramareddy, C. T. (2010). Perceived Stress , Sources and Severity of Stress among medical undergraduates in a Pakistani Medical School.
Simbolon, N. R. (2023). Pengaruh Stres Akademik Terhadap Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Arjwa: Jurnal Psikologi, 2(4), 212–222. https://doi.org/10.35760/arjwa.2023.v2i4.9620
Simorangkir, S. J. V. (2015). FAKULTAS KEDOKTERAN UHKBPN MEDAN.
Sugiyono, prof., D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).
Sulana, I., Sekeon, S., & Mantjoro, E. (2020). Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Samratulangi. Jurnal KESMAS, 9(7), 37–45. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/31609
Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X.-y., & Xu, A. -q. (2011). Educational Stress Scale for Adolescents: Development, Validity, and Reliability With Chinese Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534–546. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0734282910394976
Surya, A., & Chondro Kismo Pratomo. (2024). Tinjauan Yuridis terhadap Implementasi Metode Kelulusan Skripsi dan Non-Skripsi di Perguruan Tinggi. JUSTITIABLE - Jurnal Hukum, 7(1), 55–81. https://doi.org/10.56071/justitiable.v7i1.887
Syahputra, D. D., Bangun, M. B., & Handayani, S. M. (2023). Budaya Patriarki Dan Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Desa Bontoraja, Kabupaten Bulukumba. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 608–616. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4028
Widiasa, K. A. S., Adiwibawa. Danang Nur, Syuhada, I., & Winangun, I. (2023). Hubungan Tingkat Stres Dalam Pembuatan Tugas Akhir. Cakrawala Medika: Journal of Health Sciences, 02(01), 68–76.
Zivojinovic, J. I. (2018). final years of education GENDER DIFFERENCES IN ACADEMIC STRESS AND BURNOUT. June.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shuvy, Roza Eva Susanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

