Pengembangan Media Video Tutorial Struktur Rangka Atap pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Bangunan
DOI:
https://doi.org/10.63822/2zmzrt18Keywords:
Konstruksi dan Utilitas Gedung, Video Tutorial, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial untuk materi gambar detail struktur rangka atap pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) di SMK. Permasalahan utama yang ditemukan adalah rendahnya nilai siswa dan kesulitan dalam memahami materi dengan media pembelajaran konvensional seperti PowerPoint. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk validasi oleh dua ahli materi, dua ahli media, serta survei pengguna oleh 31 siswa. Hasil validasi ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91,36% dan validasi ahli materi sebesar 90,71%, keduanya termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sementara itu, hasil uji coba kepada siswa menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 92,29%. Dengan demikian, video tutorial yang dikembangkan dinilai sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi struktur rangka atap.
References
Ahmad. (2020). Penggunaan Media Video Tutorial untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan.
Ani Daniyati, et al. (2023). Fungsi Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Aulia, et al. (2024). Efektivitas Media Video dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Batubara, H. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Dahliya, et al. (2022). Peran Media Pembelajaran dalam KUG. Jurnal Pendidikan Teknik.
Dewi, et al. (2018). Pengaruh Variasi Media Terhadap Minat Belajar. Jurnal Edukasi.
Farell, et al. (2021). Tujuan Pendidikan SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Hardiansyah. (2018). Kelebihan dan Kekurangan Media Video. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran.
Kristanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Purnama. (2016). Penelitian dan Pengembangan (R&D). Jurnal Metodologi Penelitian.
Rafiq, & Putra. (2022). Tantangan dalam Pembelajaran KUG. Jurnal Teknik Bangunan.
Ramli. (2012). Media Teknologi dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Siahaan. (2018). Penggunaan AutoCAD dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Bangunan.
Syamsuddin & Fuady. (2020). Pengembangan Model Borg and Gall. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Tyas Asih Surya Mentari & Giatman. (2020). Multimedia Interaktif dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pembelajaran.
Wahyu. (2020). Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Teknologi.
Winda Dianti & Suryaman. (2022). Pengembangan Video Tutorial. Jurnal Pendidikan Teknologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riyan Arthur, R. Eka Murtinugraha, Kevin Pramudya Anggara Putra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.