Relevansi Kalimat Efektif dalam Era Digital yang Penuh Informasi

Authors

  • Dwi Vetriza Wulandari Universitas Muhammadiyah Bengkulu Author
  • Gatti Arum Sekarani Universitas Muhammadiyah Bengkulu Author
  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu Author
  • Washlurachim Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu Author

DOI:

https://doi.org/10.63822/vc9rj055

Keywords:

Kalimat Efektif, Era Digital, Komunikasi Digital

Abstract

Era digital telah mengubah paradigma komunikasi secara fundamental, menciptakan tantangan baru dalam penyampaian pesan yang efektif di tengah ledakan informasi digital. Kalimat efektif, sebagai unit dasar komunikasi tertulis, memainkan peran yang semakin strategis dalam lingkungan digital yang dipenuhi noise informasi. Penelitian ini mengkaji relevansi kalimat efektif dalam konteks era digital melalui pendekatan library research yang komprehensif. Dalam dunia digital, kejelasan pesan menjadi hal yang sangat penting dengan menggunakan kalimat singkat, padat, dan langsung ke poin utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalimat efektif mengalami evolusi karakteristik yang mencakup brevitas untuk adaptasi batasan platform, adaptabilitas format untuk beragam medium digital, interaktivitas untuk mendorong engagement, searchability untuk optimisasi mesin pencari, dan viral potential untuk jangkauan maksimal. Penggunaan bahasa yang jelas dan ringkas dengan kalimat efektif dan mudah dipahami menjadi kunci dalam komunikasi digital. Tantangan utama meliputi fragmentasi perhatian audiens, kecepatan konsumsi informasi yang tinggi, kolapsnya konteks dalam sharing konten, dan kompleksitas komunikasi multimodal. Sebaliknya, era digital menghadirkan peluang optimisasi berbasis data analytics, personalisasi konten, jangkauan global, feedback real-time, dan integrasi multimedia yang memperkaya komunikasi. Penelitian ini menegaskan bahwa relevansi kalimat efektif tidak hanya tetap tinggi tetapi mengalami amplifikasi signifikan dalam era digital, menjadikan penguasaan konstruksi kalimat efektif sebagai keterampilan fundamental yang esensial untuk sukses dalam masyarakat informasi modern.

 

References

Ansori, A. Y., & Hidayat, M. E. N. (2023). Membangun Pertahanan Terhadap Hoaks: Penguatan Literasi Informasi di Era Digital. Literasiana: Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(2), 1–15. http://jurnal.unwahaspress.com/index.php/literasianahttp://dx.doi.org/10.31942/

Anzani, S., Sabrina, C., & Harahap, H. S. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi dan Promosi Kemanusiaan di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(2), 115–127. https://doi.org/10.71153/arini.v1i2.185

Dinda Amelia, Yulida Rizky Putri, & Ismi Salsabila Daulay. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(4), 249–257. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i4.1235

Perdian Muhamad Thoha, Rizki Puja Kurniawan, & Andhita Risko Faristiana. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415–431. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1682

Prisgunanto, I. (2019). Pertarungan Informasi di Era Digital; Strategi Manajemen Media dan Informasi pada Petugas Polisi di Era Cyber Digital. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(1), 18. https://doi.org/10.35879/jik.v13i1.108

Riyanti, A., & Lapasau, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital Dalam Menulis Artikel Populer Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 22–31.

Safinatun Najah, Nur Izsasi Aminah Haryanti, Fidyah Apriliani Fidori, & Mu’alimin. (2025). Strategi Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi di Era Digital. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 128–138. https://doi.org/10.61132/manuhara.v3i3.1919

Sindi Septia Hasnida, Ridho Adrian, & Nico Aditia Siagian. (2023). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Sofwan, M. Z., Farida, Arroyo, M., Diyah, H. S., Junianti, A. D., & Andrean, M. R. (2024). Meningkatkan Komunikasi Yang Jelas Optimizing the Use of Effective Sentences To Enhance. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6799–6808.

Yusra hamdani, Z. R. (2024). Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Sekolah Musik YMS Antapani. Jurnal Common, 8(1), 43–57. https://doi.org/10.34010/common.v8i1.12744

Published

2025-08-07

How to Cite

Dwi Vetriza Wulandari, Gatti Arum Sekarani, Ira Yuniati, & Washlurachim Safitri. (2025). Relevansi Kalimat Efektif dalam Era Digital yang Penuh Informasi. Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia, 1(2), 364-371. https://doi.org/10.63822/vc9rj055