Mengurutkan Benda Berdasarkan Keserasian Ukuran dan Warna
DOI:
https://doi.org/10.63822/abc4ya57Keywords:
Mengurutkan Benda, Ukuran, Warna, usia 4-5 TahunAbstract
Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan jalur formal yang menyediakan program pendidikan untuk anak usia dini rentang usia 4-6 tahun. Tugas utama Taman Kanak-kanak sebagai lembaga pendidikan prasekolah adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap dan perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar yang sesungguhnya pada Sekolah Dasar. Berdasarkan Penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat diketahui bahwa mengurutkan benda berdasarkan keserasian ukuran ataupun warna pada usia 4-5 tahun dapat dilihat sebagai berikut: pada permainan mengurutkan balok mulai dari yang terkecil sampai ke yang terbesar, pada permainan mengurutkan warna bola sesuai dengan perintah guru dan pada permainan menempelkan gambar rumah sesuai gambar yang telah disediakan guru. Informan yang peneliti gunakan disini adalah tiga orang anak dengan inisial AZ, TH dan NL. Dimana anak-anak disini sudah mampu mengurutkan susunan obyek-obyek berdasarkan karakteristik ukurannya, misalkan dari yang terkecil sampai yang terbesar, dari yang terpendek sampai yang terpanjang. Pandangan ini mengisyaratkan bahwa Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan pra-akademik. Oleh karena itu, Taman Kanak-kanak tidak mengemban tanggung jawab utama dalam membina kemampuan akademik.
References
Depdiknas. (2014). Permendiknas nomor 137tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Gloria Agustina. (2012). Peningkatan Pemahaman Matematika Seriasi melalui Praktek Langsung pada Anak Kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Ni’mah kamala Ningrum. 2017. Upaya Peningkatan kemampuan seriasi anak menggunakan benda-benda sekitar pada kelompok A2 pada di RA Masithoh karangnongko sleman. Yogyakarta
Peningkatan kecakapan pengurutan (seriasi) ukuran melalui permainan smile circuit usia 4-5 tahun 2019 Alfiatul nikmah1, tumardi1, evania yafie1 1universitas negeri malang Email: alfiatulnikmah2510@yahoo.com.
Peningkatan Kemampuan Seriasi Ukuran Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelompok A. 2016. Melia Dwi Widayanti, Paud/Pgpaud Fip Uny Meliadwiw@Yahoo.Com.
Piaget, J. & Barbel, I. 2010. Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Belajar Moleong, J Lexi. 2005.
Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Penelitian Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito UU. No 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen
Tomic, W. & Kingma, J. (1997). The Relationship Between Seriation and Number Line Comprehension: A Validation Study. Curriculum and teaching, volume 12 No.2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arnita Fitri, Aisyah Oktavia Siregar, Adela Anita (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.